29 C
Jakarta
Wednesday, October 23, 2024

    Ups !!! Afrika alami wabah ‘Cacar Monyet’ selama pandemi Covid-19, sayang disembunyikan di bawah ‘radar’

    Terkait

    Adis Ababa, 20/5/22 (SOLUSSInews.com) – Kawasan Afrika telah mengalami wabah cacar monyet selama Covid.

    Seperti dilaporkan Reuters, Kamis (19/5/22) kemarin, sejumlah kasus virus kini telah dilaporkan atau dicurigai di Inggris, Amerika Serikat (AS), Portugal, dan Spanyol.

    “Beberapa wabah cacar monyet di Afrika telah diatasi selama pandemi Covid sementara perhatian dunia ada di tempat lain, dan wabah di Eropa dan Amerika Serikat menjadi perhatian,” kata Badan Kesehatan Masyarakat terkemuka Afrika.

    Dalam jumpa pers mingguan pada Rabu (18/5/22), Ahmed Ogwell Ouma, Penjabat Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Afrika, mengatakan, wabah telah terlihat di Republik Demokratik Kongo, Nigeria, Kamerun dan Republik Afrika Tengah.

    “Wabah itu telah disembunyikan di bawah radar,” katanya.

    Ditemukan pada monyet

    Penyakit, yang menyebar melalui kontak dekat dan pertama kali ditemukan pada monyet, sebagian besar terjadi di Afrika Barat dan Tengah dan jarang menyebar di tempat lain.

    “Kami juga berharap wabah lain akan datang dan kami akan menanganinya dengan cara biasa,” kata Ouma dalam jumpa pers mingguan.

    “Namun, kami prihatin dengan beberapa negara di luar, terutama di Eropa, yang melihat wabah cacar monyet ini. Akan sangat berguna untuk berbagi pengetahuan tentang apa sebenarnya sumber wabah ini,” tambahnya.

    Seperti dilaporkan CNN, Kamis (19/5/22), pada tahun 2021, dua orang yang bepergian dari Nigeria ke AS didiagnosis mengidap penyakit tersebut, menurut CDC AS.

    “Cacar monyet sebagian besar ditemukan di Afrika Barat dan Tengah, tetapi kasus tambahan telah terlihat di Eropa, termasuk Inggris Raya, dan bagian lain dunia dalam beberapa tahun terakhir. Kasus-kasus itu biasanya terkait dengan perjalanan internasional atau hewan impor yang terinfeksi cacar,” kata CDC.

    Pada Kamis (19/5/22), Spanyol mengonfirmasi tujuh kasus cacar monyet di Madrid dan sedang menyelidiki 22 lainnya; Italia mengonfirmasi kasus pertamanya; dan pejabat kesehatan masyarakat Kanada mengumumkan, mereka sedang menyelidiki 17 kasus dugaan cacar monyet di Montreal. (S-BS/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -

    Terkini