26.3 C
Jakarta
Saturday, September 7, 2024

    Simak efek samping kafein yang harus diwaspadai bila minum berlebihan

    Terkait

    PRIORITAS, 25/7/24 (Jakarta): Semuanya pasti baik, asal jangan berlebihan. Begitu juga dengan kegemarwn minum kopi, tentu harus tahu batasnya.

    Nah, kafein di dalam kopi ialah senyawa alkaloid atau nitrogen organik yang bersifat basa. Saat dikonsumsi, kafein merangsang sistem saraf pusat di otak, menghasilkan efek stimulan yang membuat peminumnya lebih waspada, energik, dan bersemangat.

    Seperti dikutip dari Verywell Health, orang sehat biasanya bisa mengonsumsi hingga 300 miligram kafein per hari tanpa masalah, yang setara dengan satu gelas kopi ukuran sedang dari gerai kopi, tiga gelas kecil kopi seduhan, atau setengah kaleng minuman berenergi.

    Faktanya, orang yang sering mengonsumsi kafein cenderung lebih toleran terhadap efeknya dibandingkan yang jarang mengonsumsinya.

    Akan tetapi jangan berlebihan. Sebab, konsumsi kafein berlebihan bisa menimbulkan efek negatif.

    Baik, berikut beberapa dampak negatif dari konsumsi kafein berlebihan, di antaranya ialah:

    Gangguan kecemasan

    Berdasarkan Healthline, konsumsi kafein berlebihan dapat menyebabkan gangguan kecemasa. Atau rasa gugup yang berlebihan.

    Kafein meningkatkan kewaspadaan dengan memblokir zat kimia yang membuat tubuh merasa lelah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin, yang bisa meningkatkan stres dan memicu gangguan kecemasan.

    Susah tidur

    Kafein dapat menyebabkan susah tidur atau insomnia karena sifat stimulan yang membuat seseorang tetap terjaga. Penelitian menunjukkan, kafein bisa menstimulasi tubuh setidaknya selama lima jam. Untuk menghindari susah tidur, sebaiknya hindari minuman berkafein mulai dari sore hari.

    Gangguan pencernaan

    Kafein dapat merangsang pelepasan hormon gastrin yang mendorong aktivitas di usus besar, yang bisa menyebabkan diare atau sering buang air besar. Kafein juga dapat memperparah gejala asam lambung naik.

    Ketagihan

    Mengonsumsi kafein dalam dosis tinggi dapat menyebabkan ketagihan. Orang yang sudah kecanduan kafein bisa merasakan sakit kepala, kelelahan, atau tidak bersemangat jika tidak mengonsumsi minuman berkafein. Gejala ini dapat muncul beberapa jam setelah berhenti mengonsumsi kafein.

    Tekanan darah tinggi

    Kafein dapat meningkatkan tekanan darah karena efeknya yang menstimulasi sistem saraf. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Namun, efek ini biasanya sementara dan lebih kentara pada orang yang tidak terbiasa mengonsumsi kafein.

    Jantung berdebar-debar

    Kafein dapat memicu detak jantung yang lebih cepat. Meskipun efek ini bervariasi dan tidak dialami semua orang, termasuk beberapa penderita penyakit jantung. Jika Anda merasakan jantung berdebar setelah mengonsumsi kafein, sebaiknya kurangi atau hentikan konsumsinya.

    Sering kencing

    Kafein juga dapat menyebabkan sering buang air kecil karena efek stimulannya pada kandung kemih. Meskipun bukan masalah kesehatan serius, hal ini bisa mengganggu dan mengurangi kualitas hidup.

    Efek ini lebih terasa pada orang yang mengonsumsi kafein hingga 450 miligram per hari. Untuk mengurangi efek ini, konsumsi kafein sebaiknya kurang dari 150 miligram per hari.

    Manfaat minum kopi hitam tanpa gula

    Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kopii, disarankan untuk minum kopi hitam tanpa gula, karena tanpa tambahan pemanis atau perasa lainnya, manfaat kopi bisa lebih optimal untuk diserap tubuh.

    Berikut ini beberapa manfaat minum kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan:

    1. Meningkatkan efektivitas olahraga

    Stephanie Mansour, seorang pelatih penurunan berat badan, mengatakan, kopi hitam dapat meningkatkan performa tubuh saat berolahraga.

    Peningkatan kadar adrenalin dalam darah membuat tubuh lebih siap untuk aktivitas fisik dan membantu memecah lemak yang tersimpan dalam tubuh, memberikan energi tambahan yang diperlukan untuk berolahraga.

    2. Memperbaiki suasana hati

    Dr Helen Goldstein, Direktur Terapi Fisik dari FlexIt, menjelaskan, kopi hitam dapat berfungsi sebagai peningkat suasana hati atau mood booster.

    Penelitian menunjukkan, peserta yang mengonsumsi kopi memiliki suasana hati yang lebih baik dan tingkat kewaspadaan lebih tinggi, serta mengalami tingkat kelelahan mental lebih rendah.

    Kandungan kafein dalam kopi mampu memblokir reseptor adenosin di otak, mencegah rasa lelah yang disebabkan oleh adenosin.

    3. Meningkatkan kekuatan memori

    Seiring bertambahnya usia, kita cenderung mengalami penurunan kekuatan memori dan keterampilan kognitif.

    Salah satu manfaat kopi hitam ialah meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat menguntungkan fungsi kognitif dan memberikan efek perlindungan terhadap gangguan memori seperti demensia dan Parkinson.

    Disebut Doctor NDTV, minum kopi hitam dapat membantu menjaga kinerja otak dan saraf tetap aktif sepanjang hari, menurunkan risiko demensia.

    4. Mencegah kanker

    Kopi hitam juga memiliki manfaat dalam mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker mulut, prostat, hati, dan kolorektal.

    Dari laporan dari WebMD, meskipun mekanisme pastinya masih diteliti, tingginya kandungan antioksidan dalam kopi diyakini dapat membantu mencegah perkembangan kanker.

    Dengan berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan, kopi hitam tanpa gula bisa menjadi pilihan minuman yang tidak hanya nikmat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

    5. Mengatasi obesitas

    Kopi hitam dapat membantu mengatasi masalah obesitas. Penelitian menunjukkan, mengonsumsi kopi secara teratur dapat meningkatkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh, terutama jika dilakukan bersamaan dengan aktivitas fisik.

    Asam klorogenat dalam kopi juga diyakini dapat mengurangi akumulasi lemak di area perut yang bersifat viseral, yang terkait dengan risiko gangguan metabolisme seperti diabetes tipe 2. (P-KTV/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini