25.6 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

    Siang ini kualitas udara Jakarta-Bandung-Tangsel paling tak sehat

    Terkait

    PRIORITAS, 18/5/24 (Jakarta): Ada tiga kota di Indonesiavyang hari ini memiliki kualitas udaea paling tidak sehat. Yakni Jakarta, Bandung dan Tangerang Selatan.

    Berdasarkan informasi dari situs IQAir yang dipantau pukul 11.04 WIB tadi, Sabtu (18/5/24), kualitas udara di DKI Jakarta, Bandung Jawa Barat (Jabar), dan Tangerang Selatan (Tangsel) Banten pada siang ini masuk kategori ‘Kota Paling Berpolusi di Indonesia’.

    Disebutkan secara rinci, indeks kualitas udara (air quality index/AQI) di Jakarta 159 AQI US, Bandung 156 AQI US, dan Tangsel 154 AQI US.

    Dalam keterangan di situs IQAir, kualitas udara saat ini di Jakarta berada pada tingkat polusi udara: tidak sehat.

    Di atas ambang panduan WHO

    IQAir menyebutkan,, polutan utama udara di Jakarta ialah PM 2,5. Berdasarkan situs BMKG, PM 2,5 merupakan partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikron (mikrometer).

    Lebih lanjut situs itu menyatakan, konsentrasi polutan PM 2,5 di Jakarta mencapai 69 µg/m³. Jumlah tersebut 13.8 kali lipat di atas ambang panduan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

    Lalu di Bandung, konsentrasi polutan PM 2,5 di Jakarta mencapai 61.6 µg/m³. Jumlah tersebut 12.3 kali lipat di atas ambang panduan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

    Kemudian di Tangsel, konsentrasi polutan PM 2,5 di Jakarta mencapai 60 µg/m³. Jumlah tersebut 12 kali lipat di atas ambang panduan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). (P-DTK/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini