31.1 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

    Sejumlah menteri Juli sudah berkantor di IKN

    Terkait

    PRIORITAS, 11/4/2024 (Jakarta): Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju diagendakan Juli 2024 sudah berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sebagaimana rencana Presiden Joko Widodo, upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 nanti sudah dilaksanakan di Istana Negara, di Ibu Kota Nusantara.

    Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan mulai pindah ke Ibu Kota Nusantara pada Juli 2024 apabila air minum sudah terdistribusi. “Mudah-mudahan Juli nanti, kalau air bisa masuk Juni. Saya dengan istri saya (ke IKN),” ujar Basuki seperti dikutip dari Antara, Kamis (11/4/2024).

    Basuki akan kembali mengunjungi IKN untuk meninjau perkembangan pembangunan. Peninjauan ini dilakukannya sebelum kedatangan Presiden Joko Widodo. “Saya mau duluan sebelum Presiden, mudah-mudahan sebelum beliau, saya mau lihat dulu. Progresnya kan Juli harus jadi, jadi jadwal saya sendiri,” katanya.

    Kementerian PUPR melalui Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN membangun dua instalasi pengolahan air minum (IPA) untuk memasok air minum ke IKN.

    IPA pertama merupakan infrastruktur intake Sungai Sepaku berkapasitas 350 liter per detik dengan pendanaan dari APBN. Sedangkan IPA kedua dipasang di Bendungan Sepaku Semoi dengan kapasitas 300-350 liter per detik dengan pendanaan dari hibah yang diberikan oleh Korea Selatan.

    Kementerian PUPR menargetkan pembangunan IPA dari intake Sungai Sepaku dapat diselesaikan terlebih dahulu. Basuki akan memastikan bahwa pasokan air di IKN aman, sebelum Presiden Joko Widodo mulai berkantor di ibu kota baru Indonesia itu.

    Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan rencananya untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara setelah bandara dan jalan tol dapat beroperasi, yang diperkirakan mulai Juli 2024.

    Berdasarkan Peraturan Presiden No 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara, instalasi pengolahan air minum (IPA) bertujuan untuk menyediakan dan mengolah pasokan air minum aman.

    Prinsip yang digunakan dalam pembangunan IPA adalah lokasi IPA dioptimalkan dengan operasional dan pemeliharaan sistem penyediaan air minum (SPAM). Kemudian, memastikan interkoneksi antar-IPA sehingga produksi air minum dapat tetap berjalan ketika salah satu instalasi sedang tidak beroperasi. (P-ANT/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini