30.1 C
Jakarta
Saturday, July 27, 2024

    Obat !!! Segera dibagikan di Kudus, Ivermectin dinyatakan mampu kalahkan Covid-19, sudah diproduksi di Indonesia

    Terkait

    Kudus, 15/6/21 (SOLUSSInews.com)  – Ada khabar bagus ihwal obat bernama ivermectin yang dinilai mampu mengalahkan Covid-19, dan akan dibagikan ke Kudus. Obat tersebut kini juga telah diproduksi di Indonesia.

    “Ivermectin sudah diproduksi di Indonesia. Tampaknya dipersiapkan untuk memperkuat perlawanan terhadap pandemi Covid-19,” ujar Vice President PT Harsen Laboratories, Sofia Koswara dalam keterangan tertulisnya.

    Dia mengungkapkan, obat tersebut dinilai berhasil menurunkan jumlah kematian hingga 25 persen dan memangkas jumlah orang yang terinfeksi hingga 80 persen di India.

    “Hanya tiga pekan setelah menambahkan Ivermectin di New Delhi, kasus terinfeksi yang memuncak 28,395 orang pada 20 April lalu turun secara drastis menjadi 6.430 orang pada 15 Mei. Kematian juga turun sekitar 25 persen pada bulan yang sama,” katanya seperti dilansir TRIBUNJATENG.COM.

    Punya potensi lawan Covid-19

    Sementara itu, Dr Budhi Antariksa PhD Sp.P (K), ahli paru dari Persatuan Dokter Paru Indonesia ( PDPI) dipercayakan yang memimpin uji klinis Ivermectin dengan Balitbangkes, Kemenkes di RS Persahabatan dan RS Sulianti.

    Disebutnyam pemerintah telah berupaya untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

    “Dari obat-obatan dan pelayanan kesehatan bagi warganya. Obat yang mempunyai potensi melawan Covid-19 juga dipersiapkan,” kata Budhi.

    “Ivermectin merupakan obat minum dan memiliki potensi menghambat pembelahan atau anti replikasi virus, serta memiliki kemampuan sebagai anti peradangan,” tutur Budhi.

    Dalam waktu dekat Ivermectin akan dibagikan di daerah yang saat ini menderita paling parah, yakni Kudus.

    Lonjakan kasus di Kudus tinggi. Budhi menambahkan, diperlukan segala upaya untuk mengatasinya.

    “Ivermectin akan diberikan kepada warga Kudus sebagai obat terapi virus Covid-19 dan juga sebagai obat pencegahan,” katanya.

    Pemberian Ivermectin, demikian Budhi Antariksa, dilakukan dengan tetap memberikan obat standar penanggulangan Covid-19 dan kewajiban warga Kudus harus menerapkan perilaku 5M. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi. (S-TN/jr — foto ilistrasi istimewa)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini