31.1 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

    Nah !!! BBM Pertalite bisa Rp13.150/liter, Airlangga: Itu harga keekonomian! Yang berlaku sekarang lebih rendah dari negara tetangga

    Terkait

    Jakarta, 19/8/22 (SOLUSSInews.com) –¬†Pemerintah mulai bersuara tentang harga BBM yang di beberapa negara sudah meningkat, akibat kenaikan harga minyak dan gas.

    Terkait itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto menyampaikan, pada tahun ini sektor energi menjadi tantangan. Karena itu, pemerintah menyiapkan anggaran subsidi untuk energi di tahun ini mencapai Rp502,4 triliun.

    Karena pemerintah menggelontorkan subsidi, secara otomatis harga Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya untuk BBM Pertalite dan Pertamax tidak mengalami kenaikan atau bertahan di bawah harga keekonomian.

    Misalnya harga Pertalite yang saat ini hanya Rp7.650 per liter, begitu juga Pertamax atau RON 92 dijual Rp12.500 per liter. “Harga Pertamax keekonomian Rp15.150 namun di eceran masih Rp12.500 per liter. Dan Pertalite keekonomiannya Rp13.150 tapi ecerannya Rp 7.650 per liter,” ungkap Menko Airlangga dalam Konfrensi Pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2023, Selasa (16/8/22) lalu.

    Lebih rendah dari negara tetangga

    Menko Airlangga juga membandingkan harga BBM Pertalite dan Pertamax di RI yang masih jauh di bawah harga BBM dari negara-negara tetangga. Misalnya saja Thailand yang menjual BBM dengan harga Rp19.500 per liter. Kemudian Vietnam Rp16.645 per liter dan Filipina mencapai Rp21.352 per liter. “Kita masih relatif di bawah Asean,” ungkap Airlangga.

    Sejatinya, sinyal-sinyal kenaikan harga BBM Pertalite ini sudah sering mencuat, salah satunya dari Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia.

    Bahlil menyadari kenaikan harga BBM di dalam negeri bisa menimbulkan gejolak di masyarakat. Namun demikian, kondisi keuangan negara dalam menahan kenaikan harga BBM sudah terbata-bata.

    “Saya menyampaikan sampai kapan APBN kita akan kuat menghadapi subsidi yang lebih tinggi, jadi tolong teman-teman sampaikan juga kepada rakyat bahwa rasa-rasanya sih untuk menahan terus dengan harga BBM seperti sekarang feeling saya harus kita siap-siap kalau katakanlah kenaikan BBM itu terjadi,” kata Bahlil¬†Lahadalia. (S-CNBC/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini