26.3 C
Jakarta
Saturday, September 7, 2024

    Meski pembangunan terkendala cuaca, Presiden Jokowi diperkirakan berkantor di IKN akhir Juli

    Terkait

    PRIORITAS, 18/7/24 (Jakarta): Diakui, pembangunan proyek-proyek infrastruktur di IKN belakangan ini terkendala cuaca.

    Namun diperkirakan, Presiden Joko Widodo akan mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada akhir Juli 2024.

    Demikian informasi yang disampaikan oleh Ali Mochtar Ngabalin, Tenaga Ahli Utama Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Rabu (17/7/24) kemarin.

    “Akhir Juli, clear bisa berkantor,” ujar Ngabalin dikutip dari Kompas.com.

    Kembali lanjutkan pekerjaan

    Dijelaskannya, tim dari berbagai instansi pemerintah, termasuk KSP, Setneg, PUPR, dan Setkab, telah kembali ke IKN pada tanggal 17 Juli untuk melanjutkan pekerjaan.

    Selanjutnya Ngabalin melaporkan, instalasi dasar seperti air dan listrik sudah terpasang di IKN. Namun, cuaca menjadi tantangan utama dalam proses pembangunan.

    “Ini cuma 6-5 hari belakangan ini kan hujan, sama sekali orang enggak bisa kerja,” jelasnya.

    Presiden Jokowi sendiri telah mengonfirmasi kendala cuaca ini. Dalam pernyataannya di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (16/7/24) lalu, Jokowi menyatakan, “Kemarin memang targetnya kan Juli, tetapi kan lihat ke IKN, tiap hari hujan terus, hujan deras banget.”

    Meski demikian, Jokowi menekankan, pembangunan IKN ialah proyek jangka panjang. “IKN itu kan bukan dibangun 2 tahun 3 tahun, ini sebuah mimpi besar jangka panjang, proyek jangka panjang. Mungkin 15-20 tahun,” ujarnya.

    Investasi asing

    Sementara itu, Ngabalin mengungkapkan adanya minat investasi dari beberapa negara asing. “Ini lagi antre loh, kemarin saja saya terima tiga (negara untuk minat investasi) Korea, China, sama Emirat,” tuturnya.

    Pembangunan IKN saat ini masih dalam fase pertama, yang fokus pada pusat inti pemerintahan yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

    Meskipun ada tantangan cuaca, pemerintah optimis dapat memenuhi target untuk mulai beroperasi di IKN pada akhir Juli 2024. (P-KTV/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini