28.2 C
Jakarta
Wednesday, May 22, 2024

    Jangan begadang dan menyepelekan kegiatan tidur malam, jika tak ingin tertular Covid-19

    Terkait

    Jakarta, 30/4/20 (SOLUSSInews.com) – Hingga kini, masa karantina mandiri masih terus bergulir, seiring kasus Covid-19 yang belum juga surut. Ini membuat banyak orang terus bertahan di rumah dalam waktu lama, guna memutus rantai penularan virus Corona baru yang semakin meluas.

    Karena harus terus di rumah saja, banyak orang yang menyepelekan kegiatan tidur malam. Padahal, sepanjang hari tiduran (siang) di rumah tidak menggantikan pentingnya tidur cukup di malam hari.

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of California, seseorang yang tidur kurang dari lima jam di malam hari akan lebih rentan terserang penyakit. Padahal di masa-masa pandemi ini, kita membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat untuk bisa melawan penyakit.

    Seseorang yang memiliki waktu tidur lebih sedikit, juga memiliki risiko 80 persen lebih besar untuk mengalami berbagai infeksi seperti flu, infeksi telinga, dan pneumonia.

    Selain itu, penelitian juga melihat, orang-orang yang mengalami gangguan tidur, memiliki risiko 30 persen lebih besar untuk mengalami pilek dalam sebulan terakhir.

    Kurang aktivitas fisik

    Memang, kurang tidur bukanlah satu-satunya alasan mengapa seseorang lebih rentan terserang penyakit.

    Kurang aktivitas fisik dan pola makan yang tidak sehat juga menjadi penyebab utama mengapa seseorang mudah terserang penyakit.

    Jika tidak ingin terus-menerus menderita akan penyakit atau ketakutan akan teror penyakit menular seperti Covid-19, perubahan gaya hidup harus dilakukan.

    Jauhkan gawai di waktu tidur

    Cobalah untuk mengganti kebiasaan buruk begadang agar Anda bisa mendapatkan tidur cukup di malam hari. Jauhkan gawai dari jangkauan Anda satu jam sebelum tidur, sehingga Anda tidak mudah terdistraksi untuk terus-menerus mengecek Ponsel saat hendak tidur.

    Tidur cukup yang rutin dilakukan setiap hari akan sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Sehingga, mampu melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

    Namun, jika gangguan tidur ini sudah terlalu sulit untuk dihilangkan, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan solusi dan perawatan medis yang tepat. (S-BS/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini