27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    Ditinggal ke IKN, kantor pemerintah diusulkan jadi mal. Budi: “DKJ pusat perdagangan dan wisata”

    Terkait

    PRIORITAS, 3/5/24 (Jakarta) : Pengusaha ritel mengusulkan agar gedung kementerian/lembaga di Jakarta yang tidak ditempati usai pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) dialihfungsikan menjadi pusat perbelanjaan. Usulan ini disampaikan oleh Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah.

    Budi mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan dinas terkait mengubah gedung-gedung kosong menjadi pusat perbelanjaan. Sebab, dia menilai Jakarta masih mempunyai potensi menjadi kota belanja, kota wisata, hingga pusat perdagangan.

    “Ya kita sih terus terang sudah ada pembicaraan kalau nanti (para menteri) pindah. Kan kantor-kantor pemerintah di sini itu kan kosong. Kita sudah sampaikan ke Pak Gubernur (Heru Budi), Jakarta ini punya potensi menjadi kota wisata, kota belanja, kota perdagangan,” kata Budi kepada awak media, Jakarta, Kamis (2/4/2024).

    Dia menjelaskan dengan menambah pusat perbelanjaan diyakini dapat menarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia. Menurutnya, wisatawan mancanegara senang jika Indonesia mempunyai banyak pilihan untuk berbelanja.

    Selain menjadi pusat perbelanjaan, gedung-gedung pemerintahan yang kosong dapat digunakan untuk kantor-kantor perwakilan negara asing. Dengan begitu, semakin menambah daya tarik wisatawan mancanegara untuk semakin sering datang ke Indonesia, khususnya Jakarta.

    Mengenai usulan tersebut, Budi menambahkan Pemprov DKI Jakarta telah menyambut baik. Bahkan Pemprov DKI Jakarta telah mempunyai program kerja yang membuat Jakarta menjadi pusat perdagangan Internasional.

    “Memang ada program kerja untuk ke sana, Jakarta jadi kota perdagangan internasional. Internasionalnya itu yang harus diperkuat. Jadi banyak orang asing di sini, bekas-bekas kantor itu bisa dijadikan kantor perwakilan mereka atau mall atau apa gitu,” jelasnya.

    Seperti diketahui, progres pembangunan di IKN terus dikebut. Sejumlah menteri pun menyampaikan kesiapan untuk pindah ke IKN terlebih dahulu.

    Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) sudah selesai dibangun dua, termasuk yang akan ditempatinya. Ia memastikan semua proyek pengerjaan akan selesai pada Juli 2024.

    Setelah itu, proses kepindahan para Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN akan mulai dilakukan usai gelaran Upacara HUT RI 17 Agustus 2024 di sana. Basuki mengatakan hunian-hunian ASN akan dipergunakan terlebih dulu untuk petugas upacara.

    IKN Mulai Seksi

    Sementara, dilaporkan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) terjadi peningkatan minat investor asing terhadap pembangunan IKN. Terbaru, ada sejumlah perusahaan swasta asal Malaysia dan Jerman yang menyampaikan minat dan ketertarikannya.

    Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono, saat mendampingi Delegasi Kedutaan Jerman untuk Indonesia dan Delegasi KBRI Indonesia di Malaysia, mengatakan, peningkatan minat tersebut ditandai dengan penyerahan tiga Surat Minat (Letter of Intent/LoI) dari tiga perusahaan swasta Malaysia.

    Ketiga perusahaan tersebut adalah Seven Seasons Preservation Sdn Bhd, Citadel Group Sdn Bhd, dan Ranhill Utilities Berhad. Masing-masing bergerak di bidang yang berbeda, antara lain Seven Seasons Preservation merupakan perusahaan energi berkelanjutan, Citadel Group adalah perusahaan pendanaan, dan Ranhill Utilities merupakan perusahaan penyedia suplai air.

    Selain itu, ada juga antusiasme dari Jerman, terkait pemindahan kedutaannya ke IKN. Dalam kunjungan tersebut, Delegasi Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia, telah melakukan peninjauan terhadap wilayah Diplomatic Compound. Area tersebut akan dijadikan sebagai lokasi bagi perwakilan diplomatik dari berbagai negara sahabat di Nusantara.

    Siemens, perusahaan elektronik asal Jerman yang ikut dalam kunjungan tersebut, juga sedang meninjau peningkatan kerja sama dengan IKN yang telah diinisiasi melalui MoU pada Konferensi Hannover-Messe 2023 tahun lalu. Saat ini, Siemens berkeinginan untuk menjajaki kerja sama dalam bidang energi hijau dan penyediaan kabel transmisi di IKN.

    Ketua Malaysia-Indonesia Business Council, Dato Tan Sri Nasir Razak mengatakan, keinginan untuk berinvestasi di Indonesia sangat besar. Hal ini dipengaruhi oleh posisi geografis IKN yang terletak di Pulau Kalimantan dan berbatasan dengan Brunei Darussalam, sehingga berpotensi meningkatkan perekonomian di negara tersebut.

    Sementara itu, Deputy Ambassador Kedutaan Besar Federal Jerman untuk Indonesia Thomas Graf mengatakan, pihaknya berharap kunjungan ini bukanlah yang terakhir. Ia juga berharap, kunjungan ini akan memperkuat ikatan persahabatan melalui investasi lebih lanjut dari Jerman. (P-TK/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini