25.2 C
Jakarta
Saturday, July 27, 2024

    AS lakukan aksi balasan mulai 16 Juni, Maskapai Tiongkok dilarang terbang ke AS

    Terkait

    Washington, 4/6/20 (SOLUSSInews.com) – Ketegangan hubungan Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok masih terus terjadi.

    Terkini, pihak Amerika Serikat (AS) melarang maskapai penumpang Tiongkok terbang ke AS mulai 16 Juni nanti. Tindakan ini merupakan balasan terhadap Tiongkok yang masih menutup maskapai AS terbang ke Tiongkok.

    “Kebijakan ini bukan untuk meningkatkan ketegangan, tetapi supaya kedua belah pihak bisa mendapatkan hak bilateralnya. Kami siap meninjau kembali kebijakan ini, jika (otoritas penerbangan Tiongkok) mengubah kebijakan mereka supaya lebih baik bagi maskapai AS,” demikian disampaikan Kementerian Transportasi AS.

    Penerbangan Tiongkok ke AS sudah jarang sejak Covid-19. Maret lalu, otoritas penerbangan Tiongkok hanya mengizinkan maskapai dari Tiongkok menerbangkan penumpang sekali seminggu, satu rute ke negara mana saja.

    Larangan ini berasal dari ketegangan Washington dan Beijing yang meningkat akhir-akhir ini. Sengketa ini juga tidak umum karena Pemerintah AS biasanya justru mempermudah izin maskapai masuk Bandara internasionalnya. Larangan ini mempengaruhi maskapai Air China, China Eastern, China Southern and Xiamen.

    Kementerian Transportasi AS memastikan penerbangan dari Hong Kong tidak terdampak larangan ini.

    Pada bulan Januari, maskapai AS dan Tiongkok melayani 325 penerbangan per minggu antara kedua negara tersebut.

    Delta Air Lines dan United Airlines masih ingin kembali terbang ke Tiongkok setelah berhenti akibat pandemi Covid-19, tetapi hingga saat ini belum mendapat izin dari Tiongkok.

    Delta, dalam pernyataan resminya, mengatakan, pihaknya mendukung dan menghargai tindakan pemerintah AS dalam menegakkan hak dan keadilan bagi Delta.

    United mengatakan ingin melanjutkan layanan penerbangan AS-Tiongkok jika sudah diizinkan. Demikian CNBC.com melansir, seperti dikutip BeritaSatu.com. (S-BS/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini