26.5 C
Jakarta
Sunday, May 19, 2024

    12 Destinasi Wisata di Batam yang wajib dikunjungi

    Terkait

    PRIORITAS, 8/5/24 (Kepulauan Riau) : Batam memiliki banyak destinasi wisata, mulai dari gugusan pantai berpasir, rindangnya mangrove, hingga wisata religi dan sejarah. Selain itu, daerah ini juga memiliki letak geografis yang strategis, berada di Selat Singapura dan berbatasan langsung dengan dua negara tetangga, yakni Malaysia dan Singapura.

    Selain menjadi tujuan wisata masyarakat lokal, letak strategis Batam juga menjadikan wilayah ini sebagai salah satu pintu masuk bagi wisatawan mancanegara. Terlebih, ada banyak tempat wisata Batam yang dapat dieksplorasi keindahannya.

    Lantas, apa saja daftar tempat wisata favorit di Batam yang wajib dikunjungi wisatawan? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

    1. Jembatan Barelang
    Jembatan Batam, Rempang, dan Galang (disingkat Barelang) merupakan sekumpulan jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru di daerah Batam, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Masyarakat setempat menyebutnya “Jembatan Barelang”. Ada juga yang menyebutnya “Jembatan Habibie” sebagai bentuk penghargaan atas jasa beliau dalam mengembangkan pulau Batam sebagai pulau industri serta mempelopori pembangunan jembatan ini.

    Jembatan Barelang merupakan ikon Kota Batam yang populer, khususnya bagi masyarakat Kepulauan Riau. Jembatan ini menjadi salah satu tujuan utama dalam berwisata di Pulau Batam. Jembatan Barelang merupakan pilot project berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia tanpa campur tangan dari tenaga ahli luar negeri. Dibangun guna memperluas wilayah kerja Otorita Batam, jembatan ini menyedot anggaran sebesar Rp400 Miliar selama enam tahun (1992 – 1998) pembangunannya. Enam buah jembatan ini telah menghubungkan jalur Trans Barelang yang membentang sepanjang 54 kilometer.

    Jembatan Barelang (Istimewa)

    2. Pulau Runoh

    Melansir dari Batam Tourism Polytechnic, salah satu tempat wisata di Batam yang wajib dikunjungi wisatawan adalah Pulau Runoh. Terletak di gugusan Pulau Abang, Pulau Runoh memiliki keindahan pantai dan eksotis dan suasana tropis yang dapat dinikmati pengunjung.

    Di destinasi wisata ini, tersedia juga sejumlah wahana olahraga air yang dapat dicoba. Mulai dari banana boat, ocean rafting, water floating, jet ski, flying fish, hingga snorkeling. Selain itu, ada juga fasilitas glamping atau glamour camping yang disediakan untuk berkemah.

    3. Pantai Tanjung Pinggir :

    Pantai Tanjung Pinggir memikat pengunjung dengan pasir putihnya yang bersih dan keindahan panorama Singapura dari kejauhan. Spot-spot foto alami yang menakjubkan membuat pengalaman di pantai ini semakin berkesan.

    4. Welcome to Batam Monument :

    Monumen Welcome to Batam yang ikonik menjadi tempat yang wajib dikunjungi untuk mengabadikan momen pertama kali berada di Kota Batam. Dipadukan dengan panorama hijaunya Bukit Clara, tempat ini menjadi spot foto yang sangat menarik.

    5. Pulau Mubud

    Berada di kawasan Barelang alias Batam Rempang Galang, Pulau Mubud memiliki keindahan alam yang masih terjaga. Bahkan, pulau ini juga masih kosong alias tidak berpenghuni. Tempat ini cocok bagi Anda yang membutuhkan ketenangan dalam berlibur. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam di pantai Pulau Mubud.

    Objek wisata Nuvasa Bay (Istimewa)

    6. Nuvasa Bay

    Nuvasa Bay terletak di kawasan wisata Nongsa Batam. Tempat ini menawarkan pemandangan air laut yang biru dan pasir putih yang terbentang di sepanjang area pantai. Ini adalah tempat rekreasi yang telah dibuka sejak 2016 dan merupakan salah satu tempat wisata favorit di Batam.

    Selain pantai, Nuvasa Bay juga menawarkan Seaforest, sebuah kawasan rekreasi dengan beragam wahana laut dan darat, di antaranya adalah aqua adventure, water bubbles, paintball, banana boat, flying bike, dan flying fox.

    7. Kepri Coral Batam

    Kepri Coral adalah tempat wisata yang berada di ujung jembatan Barelang, tepatnya di Pulau Pengalap. Destinasi wisata ini memiliki restoran apung yang menyajikan berbagai menu makanan laut dengan kapasitas 700 orang.

    Di bawah restoran ini, pengunjung juga bisa menikmati akuarium bawah laut dengan keindahan ikan-ikan dan terumbu karang. Selain itu, Kepri Coral juga bisa menjadi sarana snorkeling bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut secara langsung.

    8. Ocarina Park

    Ocarina Park menjadi salah satu tempat wisata di Batam yang populer juga. Taman bermain seluas 40 hektare ini menyediakan berbagai wahana permainan, seperti water park, kiddy land, giant wheel, spin tower, flying fox, dan masih banyak yang lainnya. Selain taman bermain, Ocarina Park juga memiliki pantai dengan pemandangan pasir putih di yang dapat dinikmati wisatawan.

    9. Rumah Limas Potong

    Melansir dari laman Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), destinasi Rumah Limas Potong berada di Kampung Melayu, Batu Besar, Nongsa. Tempat wisata ini memuat banyak nilai historis kebudayaan Melayu. Oleh karena itu, Rumah Limas Potong ditetapkan sebagai cagar budaya yang dilindungi. Penetapannya bersamaan dengan peninggalan sejarah lain, yakni Kompleks Makam Keturunan Nong Isa dan Makam Temenggung Abdul Jamal di Pulau Bulang Lintang.

    10. Bakau Serip Nongsa Pandang Tak Jemu

    Ini adalah wisata alam mangrove yang dikemas menjadi jalur trekking wisatawan. Tempat wisata yang berlokasi di Sambau, Nongsa Batam ini berada di lahan seluas tujuh hektare. Terdapat berbagai fasilitas di dalamnya, seperti musala, restoran seafood, selfie area, toko cenderamata, hingga panggung pertunjukan seni. Objek wisata ini juga masuk dalam 50 besar Anugrah Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

    Destinasi wisata Bakau Serip Nongsa Pandang Tak Jemu. (Istimewa)

    11. Taman Kelinci

    Objek wisata ini merupakan ruang terbuka yang mengusung konsep edukasi melalui interaksi antara pengunjung dengan kelinci yang berada di sana. Terletak di Sekupang, Kota Batam, taman kelinci memiliki berbagai fasilitas, mulai dari Kid’s Outbound hingga spot foto yang sayang untuk dilewatkan.

    12. Batam Forest Top

    Berada di kawasan Tanjung Pinggir Sekupang, Batam Forest Top cocok bagi wisatawan yang menyukai permainan memacu adrenalin. Pasalnya, tempat ini menyediakan berbagai wahana permainan, seperti tarzan swing, postman, cargo net, x-walk, tandem rope, flying fox, dan lain sebagainya. Selain wahana permainan outbound, Batam Forest Top juga menyediakan sekolah alam bagi anak-anak dan tempat hiking bagi petualang. (P-*/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini