27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    Sama-sama hadapi suksesi, PM Singapura jumpa Jokowi di Istana Bogor sebelum pensiun

    Terkait

    PRIORITAS, 29/4/24 (Bogor): Indonesia dan Singapura sebagai negara bersahabat, terlebih bertetangga dekat, sama-sama menghadapi suksesi kepemimpinan nasionalnya.

    ya, sebagaimana di Indonesia ada Prabowo Subianto yang telah resmi ditetapkan sebagai presiden terpilih untuk pemerintahan Indonesia berikutnya, di Singapura juga sama.

    Tersebutlah Lawrence Wong yang kini menjabat Wakil Perdana Menteri,  merupakan calon Perdana Menteri (PM) Singapura pengganti Lee Hsien Loong setelah pengunduran dirinya pada 15 Mei 2024 mendatang.

    Nah, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong datang berkunjung ke Indonesia dan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor pada Senin (29/4/24).

    Dilaporkan, Lee tiba di Istana Bogor pukul 10.00 WIB dan langsung disambut Jokowi di ruang teratai. Keduanya yang sama-sama mengenakan pakaian batik berwarna cokelat langsung bersalaman.

    Dihadiri banyak menteri kedua negara

    Lee kemudian bersalaman dengan 11 menteri di Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, hingga Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly.

    Jokowi kemudian juga menjabat tangan para menteri Singapura yang turut hadir mendampingi PM Lee, termasuk Wakil PM Singapura Lawrence Wong.

    Sejumlah menteri Singapura yang hadir, yaitu Menteri Senior dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional Teo Chee Hean, Menteri Pertahanan Dr Ng Eng Hen, Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan, Menteri Pendidikan Chan Chun Sing, Menteri Sosial dan Pembangunan Keluarga, Menteri Kesehatan Kedua, dan Menteri Urusan Muslim Masagos Zulkifli, Menteri Kesehatan Ong Ye Kung, dan Menteri Tenaga Kerja serta Menteri Perdagangan dan Industri Kedua Tan See Leng.

    Dikutip BeritaSatu.com, memasuki ruang teratai, Jokowi dan Lee kembali bersalaman sebelum PM Singapura itu melakukan penandatanganan buku tamu. Jokowi dan Lee kemudian bergerak ke ruang veranda diikuti Menhan Prabowo dan Wakil PM Singapura Wong.

    Seperti Prabowo yang telah resmi ditetapkan sebagai presiden terpilih untuk pemerintahan Indonesia berikutnya, Lawrence Wong juga diketahui merupakan calon perdana menteri Singapura pengganti Lee setelah pengunduran dirinya pada 15 Mei 2024 mendatang.

    Keempatnya, Jokowi, Lee, Prabowo, dan Wong, kemudian berbincang-bincang di ruang veranda selama sekitar 20 menit hingga kemudian berpindah ke ruang bilateral. (P-BS/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini