26.4 C
Jakarta
Wednesday, July 24, 2024

    Puncak Arus Mudik Lebaran 2024, Bisa Terjadi Hari Ini

    Terkait

    PRIORITAS, 8/4/24 (Jakarta): Arus mudik lebaran selalu menjadi informasi yang ditunggu-tunggu. Perhatian ini terjadi menyusul jumlah pemudiknya yang hampir setiap tahunnya meningkat, sehingga diperlukanan penanganan yang konprehensif dan simultan para pihak agar tidak terjadi masalah dalam pelaksanaannya.

    Menanggapi itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Aan Suhanan mengajak masyarakat pemudik agar memperhatikan jadwal mudik dengan mempertimbangkan berbagai hal, terutama kepadatan lalulintas.

    Sebagai informasi, kata Aan, bahwa perkiraan sebelumnya akan terjadi puncak arus mudik Lebaran 2024 pada Senin 8 April ini, ia memperkirakan kemungkinan besar tidak akan terjadi. Aan menerangkan prediksi ini berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan, di mana jumlah kendaraan para pemudik terpantau hampir sama setiap harinya.

    “Kalau kita lihat data harian, ini jumlah angka tiap harinya ini hampir flat, antara 130 sampai dengan 135, dari kemarin, yang ke arah timur terutama,” kata Aan di Command Center KM 29, Minggu (7/4).

    Jadi, tambahnya, mudah-mudahan melihat angka tersebut puncak arus ini tidak kita rasakan artinya akan flat karena sudah tersebar di hari-hari sebelumnya tanggal 3, tanggal 4, tanggal 5, tanggal 6, tanggal 7 tadi jumlah angka yang sama. Nah, hari ini yang semula diprediksi akan menjadi puncak arus mudik, mudah-mudahan ini angkanya flat.

    Di sisi lain, kata Aan, antrean di Gerbang Tol Merak yang akan menuju ke Pelabuhan Merak juga sudah terurai sejak pukul 21.35 WIB.

    “Untuk Merak ini 21.35 tadi untuk antrean di Gate Tol Merak ini sudah tidak ada, kemudian pantauan dari traffic counting maupun CCTV yang di Cikupa yang mengarah ke Sumatera juga sudah mulai berkurang mudah-mudahan dengan beberapa upaya tadi yang dilakukan di Merak ini bisa mempercepat pencairan di arah Merak,” ucap dia.

    Sebelumnya, Korlantas Polri memutuskan untuk memperpanjang penerapan rekayasa lalu lintas berupa one way dari KM 72 ruas Jalan Tol Cipali, Jawa Barat sampai KM 414 GT Kalikangkung ruas Jalan Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah hingga Senin (8/4) pukul 24.00 WIB.

    Diketahui, awalnya skema rekayasa lalu lintas one way tersebut hanya diterapkan hingga Minggu (7/4) pukul 24.00 WIB.

    “Yang semula dijadwalkan tanggal 7 April 2024 ini kita jadwalkan pukul 24.00 untuk rekayasa lalu lintas one way dan seterusnya dihentikan, namun mengingat data-data tadi untuk kegiatan rekayasa lalu lintas menuju ke timur ini kita akan teruskan, lanjutkan, sampai dengan nanti kita evaluasi besok kita evaluasi,” kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan di Command Center KM 29, Minggu (7/4). (P-DTC/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini