28.2 C
Jakarta
Wednesday, May 22, 2024

    Pameran retrospeksi 40 tahun berkarya Yusuf Susilo Hartono: Ada Mega, Jokowi, Prabowo dan Anies

    Terkait

    Jakarta, 11/11/22 (SOLUSSInews.com) – Sosok Yusuf Susilo Hartono alias YSH merupakan wartawan senior, perupa dan penyair. Dalam perjalanan karirnya sebagai jurnalis dan perupa/pelukis selama 40 tahun berkarya, YSH menggelar pameran tunggal bertajuk ‘Among Jiwo’ di Museum Nasional, Jakarta, 9-13 November 2022.

    Dengan penyandang utama Yayasan Duta Indonesia Maju, yang menarik dari pameran sketsa, gambar dan lukisan YSH ini ialah dipajangnya lukisan beberapa tokoh nasional, yaitu Presiden Jokowi, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

    “Beliau-beliau ini membawa misinya masing-masing. Kita pertemukan di sini”, kata YSH kepada Ipik Tanoyo, penulis SOLUSSInews.com, di sela-sela pameran.

    Paling tidak, lukisan beberapa tokoh nasional ini ikut meramaikan di Tahun Politik 2024 yang Capres-Capresnya dilukis oleh YSH. “Ini Among Demokrasi dan sebagai warganegara yang baik, saya peduli terhadap situasi dan dinamika yang terjadi di tanah air,” beber YSH.

    Bahkan, ada seorang tokoh terkenal lagi dilukisnya, yaitu mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama yang menjadi orang Jawa.

    Saksi nyata transformasi kebudayaan

    Ada tiga Epera yang terdiri atas ‘9 Zona’, di antaranya Among Diri, Among Keluarga dan Among Tanah Asal Bojonegoro di tahun 1982.

    Sebanyak 250 sketsa dilukis YSH dengan cat air, kopi, pensil dan akrilik. Selain itu, juga dipamerkan artefak memorabilia, yaitu mesin tik tua, kamera manual, tape recorder, pager, telepon genggam, manuskrip, ID Card, buku-buku serta dokumentasi media cetak hasil tulisan YSH.

    Benar, dalam pameran kali ini, YSH menunjukkan jalan menemukan jati diri dan ini merupakan perjalanan lintas masa selama 40 tahun. Dan YSH ialah saksi nyata tranformasi kebudayaan di Indonesia, mulai era Orde Baru, era Reformasi sampai era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

    “YSH yang digelari ‘sang maestro gambar’ (the painter maestro) ini telah membuka jalan bagi ikonik Indonesia,” demikian kata Hani Sumarno selaku Managing Director PT Jakkon (Jakarta Konsultindo), anak usaha BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang menyelenggarakan pameran Among Jiwo Retrospeksi 40 Tahun Berkarya YSH ini. (S-pik/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini