27.2 C
Jakarta
Friday, May 24, 2024

    Gebrakan Lenny Hartono di New York Fashion Week 2023: “Semua karena Kemurahan Tuhan”

    Terkait

    Foto kiri: Putri Indonesia 2022, Laksmi Shari De-Neefe Suardana, memeragakan rancangan andalan (“gong”) Lenny Hartono di pentas Indonesia Now NYFW 2023. Inzert, tangkapan layar media sosial Ketua DPR RI, Puan Maharani, memasang foto penampilan model-model yang membawakan koleksi Lenny Hartono. Tengah: Sang Desainer, Lenny Hartono, dan Laksmi, sama-sama dari Bali (atas), dan model/peragawati AS memeragakan rancangan Lenny Hartono (bawah). Kanan: Salah satu pujian pemerhati mode di New York yang diposting di laman penyelenggara NYFW 2023. (Foto-foto: Dok. LH)

    Denpasar, 20/02/2023
    (SOLUSSINews.com) – Lenny Hartono, kembali membuat gebrakan. Mengawali karir sebagai fashion designer hanya untuk memenuhi kebutuhan busana putrinya yang ikut les modeling, tahun 2022 lalu ia mencetak hattrick, tiga prestasi besar di kancah fashion berkelas internasional.
    Pertama, nama Lenny Hartono tiba-tiba menyeruak di Indonesia Fashion Week yang juga diikuti desainer-desainer luar negeri pada bulan April. Kemudian Oktober ia terbang ke Malaysia mengikuti Kuala Lumpur Fashion Week, dilanjutkan bulan berikutnya, November, ke Thailand Fashion Week.

    Di bulan Februari ini, tepatnya 13 Februari 2023, Lenny Hartono tercatat sebagai salah satu Fashion Designer Indonesia yang tampil dalam New York Fashion Week (NYFW) 2023. Ia tampil bersama enam desainer lainnya yang dikoordinasikan Kementerian Perdagangan RI, yaitu Buttonscarves, KAMI, Zeta Prive, Anggia Mawardi, Nada Puspita dan Ayu Dyah x BT Batik Trusmi,

    “Ini semua karena kemurahan Tuhan,” ungkap Lenny yang semasa kecil sampai remaja hidup susah. Ia dibuang orangtuanya sehingga diasuh keluarga lain, dan sekolah pun hanya sampai kelas 1 SMP. Tapi berkat perjuangan dan kerja kerasnya, perempuan lincah kelahiran Cirebon setengah abad lalu itu, bisa merasakan hasilnya.

    Penampilan desainer otodidak ini di ajang mode NYFW 2023, mendapat banyak pujian dari kalangan pemerhati mode di Amerika. Itu terpantau dari komentar-komentar positif pada media sosial penyelenggara setelah sesi Indonesia Now NYFW 2023 usai digelar di Spring Studios, New York, 13 Februari lalu.

    Akun theprimpysheep menulis, “My favorite collection from #NYFW this year was from indonesian designer @lennyhartono. Her pieces nod to traditional dress and fabrics while feeling dramatic and modern. I especially loved her color palette – I expect to see alot more chartreuse and deep brown this coming autumn/winter”.
    (Koleksi favorit saya dari #NYFW tahun ini adalah dari desainer Indonesia @lennyhartono. Potongan-potongannya sesuai dengan pakaian dan kain tradisional dengan nuansa dramatis dan modern. Saya, terutama, menyukai palet warnanya – Saya berharap untuk melihat lebih banyak warna kuning kekuning-kuningan dan cokelat tua di musim gugur/musim dingin mendatang).

    Komentar lain, “I meant to post a different video that show more of the @lennyhartono looks! Have to share as soon”. (Saya bermaksud memposting video lain yang menunjukkan lebih banyak penampilan @lennyhartono! Harus berbagi secepatnya).

    Song of Archipelago
    Mengusung tema “Song of Archipelago”, Lenny menampilkan 10 busana rancangan terbaiknya. Kesepuluh rancangan tersebut diberi judul “Song of Archipelago, Part 2”. Kenapa Part 2, karena dalam Thailand Fashion Week akhir November 2022 lalu, Lenny sudah menampilkan tema itu. Namun, karena penyelenggara MYFW 2023 memintanya menampilkan tema yang sama, ia lalu memilih judul itu.

    Dalam uraian yang disampaikan Lenny ke penyelenggara NYFW 2023, disebutkan Song of Archipelago merupakan koleksi yang memperlihatkan salah satu dari sekian banyak jenis kain tenun Indonesia yaitu songket. Songket Bali tersebut dipadukan dengan kain berwarna kebumian sebagai tema utama yang ditampilkan. Jenis songket yang digunakan adalah songket Sidemen yang berasal dari Desa Sidemen di Bali.

    Tenun dalam songket ini memiliki motif yang disebut Patra Sari, yaitu pola botani (bunga) yang biasa digunakan untuk menghiasi bangunan khas Bali. Bagian dari koleksi ini ditampilkan bersama perhiasan yang juga bagian dari koleksi terbaru Lenny Hartono Jewelry & Lifestyle yang menjelma menjadi gaun-gaun malam yang menawan.

    Dari sepuluh karya Lenny Hartono di NYFW 2023, sembilan diperagakan model-model bule yang disiapkan penyelenggara, dan satu yang menjadi gong atau puncak penampilan diperagakan Puteri Indonesia 2022, Laksmi Shari De-Neefe Suardana, asal Bali.

    Khusus gaun yang diperagakan Laksmi, ia memilih anyaman motif berpetak-petak yang melambangkan suatu ikatan kebersamaan dan gotong royong yang sangat menonjol dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bali. Ke depan, perempuan kelahiran Cirebon, Jawa Barat, 50 tahun lalu yang menikah dengan putra Bali, Putu Dharmawan, itu akan menampilkan tenun songket dari daerah lain di Indonesia. “Itu bentuk kecintaan saya pada kain tenun yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang perlu dipertahankan,” ungkapnya bersemangat.

    Diapresiasi Puan Maharani
    Di perhelatan akbar NYFW 2023, Lenny dan enam desainer Indonesia lainnya tampil di Spring Studios, 50th Varick Street, New York City, pada 13 Februari siang.

    “Rasanya seperti mimpi,” kata Lenny menceritakan pengalamannya setelah tiba di Bali beberapa hari lalu. “Capek saya terbayar dengan sambutan menakjubkan dari para pemerhati mode di New York,” ucap Lenny bangga. “Satu lagi yang membahagiakan saya, Ketua DPR RI, Ibu Puan Maharani, memasang foto karya-karya saya pada profil foto media sosial beliau dengan tajuk ‘Indonesia di Panggung Dunia’. Saya bahagia sekali. Terimakasih Ibu,” tutur Lenny sumringah.

    Kehadiran Lenny Hartono yang hanya mengenyam pendidikan sampai kelas I SMP itu dalam NYFW 2023, patut mendapat perhatian khusus mengingat perjalanan karir perempuan setengah baya itu dalam dunia fashion design terbilang bagai meteor. Baru dua tahun menggeluti bidang ini, ia sudah menorehkan berbagai prestasi gemilang.

    Setelah mencetak hattrick di tahun 2022 lalu, Lenny yang baru mulai serius menekuni dunia desainer ini 2 tahun lalu, bikin gebrakan baru di penghujung tahun lalu. Pada bulan Desember, melalui brand usaha “Lenny Hartono Jewelry & Lifestyle”, ia menggebrak lewat penyelenggaraan sebuah perhelatan besar bernama Bali International Fashion Festival 2022. Event yang digelar di Discovery Shopping Mall, Kuta, ini menampilkan desainer-desainer kenamaan dari berbagai kota di Indonesia dan dari luar negeri yaitu Malaysia dan Vietnam.

    Puncak gebrakannya terjadi ketika dia diundang untuk tampil dalam New York Fashion Week 2023. “Saya masih ingat betul, tanggal 1 Januari 2023 pagi, saya ditelepon penyelenggara New York Fashion Week 2023 yang mengatakan sangat tertarik dengan karya-karya rancangan busana yang saya tampilkan dalam Thailand Fashion Week, November 2022,” ujar Lenny yang pernah menjadi sales promotion girl (SPG) semasa muda ketika mengadu nasib di Jakarta.

    Tahun 2023 ini, Lenny yang juga pemilik manajemen artis “STARS Model Look Bali” dipercaya sebagai “license holder” atau pemegang lisensi dari Yayasan Putri Indonesia sebagai penyelenggara Pemilihan Putri Indonesia 2023 wilayah Bali. “Grand finalnya Jumat 24 Februari 2023. Ada sesuatu yang berbeda dalam Pemilihan Putri Indonesia Bali kali ini. Musik dan lagu pengiringnya bukan bertema cinta seperti sebelum-sebelumnya, kali ini saya menyuguhkan lagu-lagu bertema perjuangan,” pungkas Lenny Hartono yang juga seorang pengusaha perhiasan perak ini. (bwl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini