27.1 C
Jakarta
Wednesday, October 23, 2024

    Satu lagi ‘kawanua’ dipakai Prabowo: Lodewyk Pusung, Wakil Kepala Badan Gizi Nasional

    Terkait

    PRIORITAS, 22/10/24 (Jakarta): Semakin banyak saja Orang Minahasa perantauan (Kawanua) yang dipakai Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto untuk memperkuat pemerintahannya.

    Hari Selasa (22/10/24) ini, Presiden Prabowo kembali melantik Mayor Jenderal TNI (Purn) Lodewyk Pusung sebagai Wakil Kepala Badan Gizi Nasional (BGN). Lodewyk akan menemani Dadan Hindayana, yang sebelumnya telah dilantik Jokowi sebagai Kepala Badan Gizi Nasional.

    “Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 59 M Tahun 2024 tentang pengangkatan Wakil Kepala Badan Gizi Nasional,” demikian pengumuman di Istana Negara Jakarta, Selasa (22/10/24).

    “Kedua, mengangkat Mayor Jenderal TNI (Purn) Lodewyk Pusung sebagai Wakil Kepala Badan Gizi Nasional. Kedua dan seterusnya ditetapkan di Jakarta pada tanggal 21 Oktober 2024, Presiden Republik Indonesia H. Prabowo Subianto,” lanjut pengumuman tersebut.

    Dibentuk Jokowi

    Untuk diketahui, Badan Gizi Nasional merupakan lembaga yang baru dibentuk Jokowi pada 15 Agustus 2024.

    Disebutkan, lembaga ini dibentuk Jokowi lewat Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2024 tentang Badan Gizi Nasional.

    Profil Lodewyk Pusung

    Dari sejumlah sumber, pria kelahiran Manado, Sulawesi Utara 27 September 1960 ini pernah menjabat sebagai Pangdam I Bukit Barisan (BB) pada 2015 silam. Saat bertugas di Sumatera Bagian Utara, beban yang harus dipikul tentunya persoalan Karhutla.

    Selain itu, Lodewyk diketahui juga sebagai mantan Panglima Divisi Infantri (Pangdif) I/ Kostrad. Dirinya juga merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1985.

    Dalam kaitan dengan urusan gizi, Lodewyk juga sempat menjabat sebagai Ketua Badan Gizi Nasional Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Hal ini membuat amanah dari Presiden Prabowo untuk meningkatkan kualitas gizi nasional bukan hal baru baginya.

    Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto juga telah melantik sejumlah putra berdarah Minahasa sebagai pejabat di kabinetnya, seperti Lodewijk Freidrich Paulus (Wamenko Polkam), Thomas Djiwandono (Wamenkeu)/yang neneknya ialah Ibu Dora Sigar, sekaligus Ibunda Presiden Prabowo Subianto, Immanuel Ebenezer ‘Gerungan’ (Wamen Tenaga Kerja), dan Mayor Teddy Indra Widjaja ‘Rumbayan’ (Sekretaris Kabinet). (P-jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -

    Terkini