27.6 C
Jakarta
Friday, October 18, 2024

    ‘Noplace’, aplikasi baru yang langsung diserbu Gen Z: Ancam TikTok dan Instagram?

    Terkait

    PRIORITAS, 5/7/24 (Jakarta): Pada awal 2000-an laku, jejaring sosial MySpace sempat digandrungi anak muda.

    Nah, dua puluh tahun kemudian, sebuah aplikasi muncul dan siap meramaikan persaingan di sektor media sosial.

    Disebutkan, tampilan profilnya penuh warna, bisa disesuaikan dengan profil pengguna. Sementara isinya hampir sama yakni pengguna bisa membagi status hingga aktivitas yang dilakukan.

    Ini dia. Yakni sebelum diluncurkan, Noplace sudah viral terlebih dulu. Ide aplikasi ini ialah menyediakan tempat agar orang bisa mengikuti teman-temannya ataupun menemukan orang lain dengan minat yang sama.

    Memasukkan minat dan topik yang disukai

    Platform ini menyediakan profil mini, yakni untuk membagikan aktivitas dan menyesuaikan dengan minat mereka. Profil menggunakan Tagar, atau disebut sebagai ‘star’ untuk memasukkan minat dan topik yang disukai.

    Noplace didirikan oleh Tiffany Zhong. Sebelumnya dia mendirikan dana konsumen tahap awal bernama Pineaple Capital.

    Dia dikenal cukup tertarik dengan media sosial. Misalnya pada 2015 meramalkan Musical.ly sebagai Snap atau Twitter berikutnya.

    Kecintaannya pada media sosial juga dia ungkapkan. Namun menurut Zhong, sekarang media sosial tak terasa soal ‘sosial’ hanya sebagai ‘media’.

    “Saya selalu menyukai media sosial. Semua hanya media. Rasanya terputus,” kata dia, dikutip dari Tech Crunch, Jumat (5/7/24).

    Disebutnya, pergeseran media sosial sudah terlalu jauh. Dia mencontohkan tidak ada update atau pembaruan soal orang-orang di dalamnya, meski fungsi saling mengikuti akun masih dipertahankan.

    Noplace menggunakan Artificial Intelligence (AI) untuk saran dan kurasi. Tidak ada teknologi algoritma yang biasanya ditemukan di tempat lain.

    AI digunakan untuk memberikan ringkasan pada apa yang dilewatkan pengguna. Feed yang dihadirkan juga jauh lebih luas.

    “Orang-orang sangat bersenang-senang. Mereka seperti, ‘saya belum pernah punya aplikasi seperti ini,” kata dia.

    Belum jelas apakah Noplace nantinya mampu menggantikan media sosial populer seperti TikTok dan Instagram. Namun, jika sudah viral di kalangan Gen Z, tak menutup kemungkinan Noplace bisa menyita perhatian anak muda dan bikin beralih dari TikTok dan Instagram. Kita tunggu saja! (P-CNBCi/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini