26.3 C
Jakarta
Saturday, September 7, 2024

    Keponakan Prabowo, Thomas Djiwandono akan dilantik Jokowi jadi Wamenkeu

    Terkait

    PRIORITAS, 18/7/24 (Jakarta): Info terkini menyebutkan, ada dua kader partai Partai Gerindra akan dilantik jadi Wakil Menteri oleh Presiden Joko Widodo hari Kamis (18/7/24) ini.

    Kedua kader Gerindra tersebut, ialah Thomas Djiwandono yang juga keponakan Prabowo Subianyo, dan Sudaryono.

    Sementara itu, seperti dilansir MediaIndonesia.com, pihak Istana Kepresidenan mengonfirmasi, Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik tiga Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (18/7/24) sore ini.

    Disebutkan, pelantikannya rencananya dilaksanakan sekitar pukul 15.00 WIB. Hal itu disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana.

    Lebih lanjut Ari mengungkapkan, posisi wakil menteri yang akan dilantik Presiden Jokowi ialah penambahan Wakil Menteri Keuangan, pengangkatan Wakil Menteri Investasi, serta pergantian Wakil Menteri Pertanian.

    Lantas, mengenai siapa nama-nama yang akan dilantik: “Nanti ditunggu saja pukul 15.00 WIB,” kata Ari melalui pesan singkat kepada wartawan.

    Sementara itu, merujuk pada informasi tersebut, nantinya Kementerian Keuangan akan memiliki dua orang yang mengisi jabatan wakil menteri. Saat ini, posisi tersebut telah diisi oleh Suahasil Nazara yang menjabat sebagai Wakil Menkeu sejak 2019.

    Sedangkan posisi Wakil Mentan yang akan diganti, saat ini dijabat Harvick Hasnul Qolbi.

    Pernyataan pimpinan Partai Gerindra

    Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sudah mengonfirmasi, dua sosok yang bakal dilantik sebagai Wakil Menteri berasal dari partainya, yakni Sudaryono dan Thomas Djiwandono.

    Kemudian, satu posisi lagi, yaitu Wakil Menteri Investasi akan diisi Yuliot yang sebelumnya menjabat Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal BKPM.

    Ya, Thomas Djiwandono disebut-sebut akan mengisi posisi Wakil Menteri. Thomas juga kini merupakan anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Bidang Ekonomi dan Keuangan.

    Selain Thomas, Presiden juga dikabarkan akan melantik Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian.

    “Betul, terima kasih,” kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (18/7/24).

    Adapun Thomas Djiwandono merupakan keponakan Prabowo yang menjabat sebagai Bendahara Umum Partai Gerindra sejak 2014.

    Ia kemudian diperkenalkan sebagai anggota gugus tugas yang membidangi ekonomi dan keuangan.

    Sementara Sudaryono sebelumnya diproyeksikan untuk maju di Pilgub Jateng 2024. Namun kini Gerindra memantapkan pilihan mereka untuk mengusung Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi.

    Sosok Thomas

    Melansir situs resmi Gerindra, Thomas merupakan anak pertama dari pasangan Soedradjad Djiwandono dan Biantiningsih Miderawati.

    Soedradjad Djiwandon merupakan mantan gubernur Bank Indonesia (BI). Sedangkan Biantiningsih merupakan kakak kandung Prabowo Subianto.

    Thomas merupakan lulusan Haverford Colloge, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) di bidang studi sejarah.

    Ia juga menempuh pendidikan master di bidang International Relations and International Economics di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, Washington, (AS).

    Kariernya dimulai sebagai wartawan magang di Majalah Tempo pada 1993 dan di Indonesia Business Weekly 1994. Ia juga sempat bekerja sebagai analisis keuangan di Whetlock NatWest Securities, Hong Kong.

    Kemudian, pada 2006, ia diminta pamannya, Hashim Djojohadikusumo membantu di Arsari Group sebagai Deputy CEO Arsari Group, perusahaan agrobisnis.

    Sementara kariernya di politik, ia pernah menjadi Caleg Provinsi Kalimantan Barat dari Partai Gerindra. Ia kemudian menjabat sebagai Bendahara Umum partai yang dipimpin Prabowo itu pada 2014-2019.

    Selama Pilpres 2014, Thomas berperan penting dalam memenuhi kebutuhan logistik pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

    Sementara kini, ia tergabung dalam Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Bidang Ekonomi dan Keuangan. (P-MEI/CNNi/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini