26.3 C
Jakarta
Saturday, September 7, 2024

    Program makan bergizi gratis gerakkan ekonomi rakyat di pedesaan

    Terkait

    PRIORITAS, 5/7/24 (Jakarta): Semakin banyak anggaran yang digelontorkan untuk program makan bergizi gratis ini, maka akan semakin banyak melibatkan pedagang, petani dan peternak di desa.

    Karena itu, Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, menyebut, program andalan Presiden terpilih Prabowo Subianto yakni makan bergizi gratis dapat menggerakkan ekonomi rakyat di pedesaan.

    “Itu diproduksinya nanti di tempat itu (desa), sehingga nanti ekonominya bergerak. Bayangkan kalau anggarannya sampai ratusan triliun, itu bisa menggerakkan ekonomi desa,” ungkap Amran, dalam gelaran Investor Daily Roundtable (IDR) bertajuk ‘Menjaga Tata Kelola Pangan Menuju Ketahanan Pangan’ yang digelar di Hutan Kota by Plataran, di Jakarta, Selasa (2/7/24) lalu.

    Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo memastikan memasukkan program makan bergizi gratis dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2025. Adapun alokasi anggaran mencapai Rp71 triliun, yang akan dikucurkan secara bertahap.

    Sebesar 95 persen bahan baku kita

    Selanjutnya Mentan menuturkan, anggaran makan bergizi gratis itu nantinya akan digunakan untuk mempersiapkan bahan baku pangan, mulai dari sayur-sayuran, telur ayam, daging ayam, hingga berbagai jenis ikan.

    “Terkait makan bergizi gratis ini bahan bakunya ada 95% di kita. Oleh karena itu kita harapkan nantinya di sana ada sayur-sayuran, telur, ayam, ikan air tawar maupun laut,” kata Amran.

    Karena itu, Amran optimistis program makan bergizi gratis ini akan bisa terimplementasi dengan baik di tahun pertama pemerintah Prabowo-Gibran menjabat 2025 mendatang.

    Sebagaimaba diketahui, Menteri Pertanian Amran Sulaiman bersama Direktur Utama ID Food, Sis Apik Wijayanto hadir sebagai pembicara dalam gelaran Investor Daily Roundtable (IDR) yang digelar oleh B Universe. Dalam acara ini, Executive Chairman B-Universe Enggartiasto Lukita bertindak memandu acara tersebut.

    Acara yang merupakan rangkaian acara menuju gelaran Investor Daily Summit (IDS) 2024 ini bisa disaksikan di channel BTV pada Jumat (5/7/24) pukul 20.30 WIB dan Sabtu (6/7/24) pukul 19.00 WIB mendatang. (P-INV/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini