26.3 C
Jakarta
Sunday, September 8, 2024

    Nikki Haley dihujat setelah tulis ‘Habisi Mereka’ pada bom Israel penghancur Gaza

    Terkait

    PRIORITAS, 31/5/24 (Tel Aviv): Mantan bakal calon presiden Amerika Serikat, Nikki Haley, mendapat kritik keras dan dihujat setelah tanda tangan dan menulis kalimat “habisi mereka” pada bom Israel yang menggempur Gaza.

    Kelompok aktivis kemanusiaan memberi reaksi marah atas ulah politisi Partai Republik Amerika Serikat (AS) tersebut.

    Dsebutkan, Haley melakukan itu saat mengunjungi pos Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada Selasa (28/5/24) lalu.

    “Habisi mereka! Amerika selalu [mencintai] Israel,” tulis Haley pada bom Israel, sambil menandatangani namanya.

    Dilaporkan, dia didampingi Danny Danon, anggota Knesset (Parlemen) Israel, yang mem-‘posting’ foto tur mereka di media sosial.

    Disebut ‘menjijikkan’

    Haley, yang merupakan duta besar untuk PBB pada masa Presiden Donald Trump, merupakan pendukung kuat perang Israel di Gaza dan memiliki hubungan dengan American Israel Public Affairs Committee (AIPAC), sebuah kelompok lobi pro-Israel.

    “Tidak ada yang bisa dilihat di sini, hanya politisi favorit AIPAC, Nikki Haley, yang merayakan kematian dan kehancuran di Gaza dengan rudal bertanda tangan,” tulis IfNotNow, sebuah kelompok Yahudi AS yang mendukung hak-hak Palestina, di media sosial, seperti dikutip Salon, Kamis (30/5/24).

    “Menjijikkan sekali,” tulis Alon-Lee Green, direktur Gerakan Yahudi-Arab untuk Perdamaian, Kesetaraan & Keadilan Sosial di Israel.

    Dalam ‘posting’-an tersebut, Green memohon kepada warga Amerika untuk mengambil kembali “politisi kotor yang mempromosikan kematian”.

    Alec Karakatsanis, seorang pengacara hak-hak sipil Amerika, menulis, pesan Haley merupakan “salah satu hal paling bejat yang pernah saya lihat.”

    Haley telah menghabiskan beberapa hari terakhir di Israel untuk membuat klaim tidak berdasar tentang hubungan Rusia, China, dan Iran dengan serangan 7 Oktober yang dipimpin oleh Hamas—dan menyuarakan dukungan penuhnya terhadap upaya perang tersebut, dengan menggunakan retorika yang secara keliru menunjukkan, dia mewakili seluruh warga Amerika.

    “Amerika mendukung Israel,” kata Haley selama turnya dengan Danon, menurut i24 News.

    “Israel sedang memerangi musuh-musuh AS saat ini. Jangan berhenti sampai Anda menang.” Demikian Nikki Haley, seperti dikutip Sindonews.com. (P-SIN/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini