26.3 C
Jakarta
Sunday, September 8, 2024

    Jakarta tiadakan Ganjil Genap sejak 6 hingga 15 April

    Terkait

    PRIORITAS, 30/3/24 (Jakarta): Arus lalu lintas di Jakarta diperkirakan bakal lengang saat libur panjang Lebaran tahun ini.

    Karena itu, Polda Metro Jaya meniadakan ganjil genap (Gage) selama masa Hari Raya Lebaran nanti. Gage tidak diterapkan dari tanggal 6 hingga 5 April 2024.

    “Sehubungan dengan adanya Libur Nasional Hari Raya Idul Fitri 1445 H Kebijakan Ganjil Genap ditiadakan mulai tanggal 6-15 April 2024,” demikian ditulis di media sosial X @TMCPoldaMetro, Sabtu (30/3/24).

    Peraturan ini berdasarkan Pergub 88 Tahun 2019 Pasal 3 ayat (3), dimana pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap tidak diberlakukan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional yang telah ditetapkan dengan Keputusan Presiden (Keppres).

    Pos Pantau di Kalimalang-Daan Mogot

    Sementara itu, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan skema pengaturan arus lalu lintas saat mudik lebaran. Salah satu yang diperhatikan yakni jalur mudik alternatif, khususnya bagi pemudik yang menggunakan roda dua atau motor.

    “Nanti pada pusat pelaksanaannya, kami dari Polda Metro Jaya juga akan melakukan pengamanan terhadap mereka, khususnya memang roda dua,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman kepada wartawan, Jumat (29/3/24) lalu.

    Latif mengatakan, nantinya akan dibangun pos pantau atau pengawasan di jalur arteri perbatasan Jakarta. Mulai dari Kali Malang, Jakarta Timur hingga Daan Mogot Jakarta Barat.

    “Jalur utama roda dua ke arah timur adalah jalur Kali Malang, jalur ke arah barat adalah jalur Daan Mogot Kalideres sampai dengan Tangerang. Ini kita nanti akan mendirikan pos pengawasan terhadap pengendara roda dua, yaitu di Kali Malang yang mengarah ke arah timur dan di Kalideres yang ke arah barat,” ujar Latif Usman. (P-DC/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini