26.1 C
Jakarta
Saturday, September 21, 2024

    Desainer Indonesia bawa tema Bhinneka Tungal Ika Dalam Keberagaman di TMFF 2024

    Terkait

    PRIORITAS, 9/9/24 (Tokyo): Tokyo Muslim Fashion Show 2024 dimeriahkan dengan fashion show koleksi enam desainer Indonesia. Dian Pelangi hingga Irna Mutiara menampilkan keindahan wastra Indonesia di Tokyo. Acara ini digelar oleh Kolam Ikan Creative Communication dan e-Agency dengan didukung sepenuhnya oleh KBRI Tokyo.

    “Hari ini, kita merayakan kreativitas enam desainer berbakat Indonesia yang mengadopsi kekayaan budaya Indonesia yang beragam dan nilai-nilai Islam yang moderat. Indonesia menganut Bhinneka Tunggal Ika-Persatuan dalam Keberagaman. Filosofi ini tercermin jelas dalam karya para desainer dengan inspirasi dari tradisi negara kita yang kaya dari Aceh hingga Papua,” ujar Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi dalam acara Tokyo Muslim Fashion Festival (TMFF) 2024 di Shibuya, Tokyo, Jepang.

    Menurut Heri, Islam adalah agama yang tumbuh paling cepat di Jepang. Pada 2023, populasi Muslim di Jepang melampaui 200 ribu dan terus bertambah. Hal ini mencerminkan keterbukaan dan rasa ingin tahu yang lebih luas terhadap Islam.

    Hubungan Indonesia dan Jepang, tumbuh semakin kuat tidak hanya di bidang perdagangan dan teknologi tetapi juga melalui pertukaran budaya dan agama yang moderat. “Kami dari KBRI Tokyo terus berupaya meningkatkan persahabatan masyarakat kedua negara, mempererat people to people contact,” tambah Dubes Heri yang juga didampingi Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya Muhammad Al Aula, Koordinator Fungsi Ekonomi Sunan Jaya Rustam, Atase Perdagangan Merry Astrid Indriasari, Atase Perindustrian Sofyari Rahman, dan Atase Keuangan Leni Nurlaeni.

    Sisi lain, Project Director TMFF Iwan Kurniawan berharap penyelenggaraan TMFF 2024 ini akan mampu menarik perhatian para pelaku industri mode dalam negeri para wanita di Jepang.

    “TMFF diselenggarakan karena keberadaan muslim dan Islam sudah sangat diterima oleh masyarakat Jepang. Hal ini menandakan bahwa diversity di Jepang sudah sangat meningkat, dan mereka bisa menerima dengan tangan terbuka. Itulah mengapa kami melihat hal ini adalah salah satu potensi untuk memperkenalkan karya desainer modest fashion Indonesia,” ujar Iwan Kurniawan.

    Enam desainer yang ikut serta dalam Tokyo Muslim Fashion Festival (TMFF) 2024 adalah Irna Mutiara, Dian Pelangi x Barli Asmara, Terry Putri, Anggraeny Septia, Raisa Azmi dan Amanda Muftie.

    Pada TMFF 2024, Sasika by Irna Mutiara menampilkan kain Sasirangan dari Kalimantan Selatan, yang dibuat dengan teknik jelujur tangan. SASIKA, singkatan dari Busana Sasirangan Kalimantan Selatan.

    Pelangi Asmara yang merupakan koleksi kolaborasi Dian Pelangi dan Barli Asmara mengusung Origami Series. Koleksi ini terinspirasi dari seni melipat kertas Jepang dan menggabungkan gaya kontemporer dengan modest wear tradisional. Pelangi Asmara menghadirkan desain minimalis dengan garis bersih, tekstur halus, dan perpaduan inovatif antara warisan Jepang dan Indonesia.

    Territory of Jibaru by Terry Putri menampilkan koleksi busana dalam warna earth tone dominan cokelat yang alami dan hijau yang identik dengan keislaman. Jibaru, adalah singkatan dari “Jiwa Baru”, terlahir kembali dengan semangat yang lembut, keindahan, kebaikan dan kesucian.

    Noar, karya Anggraeny Septia, merupakan judul koleksi yang memiliki arti cahaya (kebangkitan). Koleksi ini bertujuan untuk menimbulkan keinginan dan harapan akan bangkitnya kembali peradaban baru yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Koleksi ini memadukan Batik Karawang dan Motif Kaffiyeh Palestina.

    Romantic Garden by Kheva Mauza, designed by Raisa Azmi menampilkan ragam rancang busana yang menggambarkan keindahan musim gugur di Jepang.

    Dan desainer lokal berikutnya yang menampilkan karya di Tokyo Muslim Fashion Week 2024 adalah Coalescence by Arga Motif, designed by Amanda Muftie. Koleksinya memadukan budaya Jawa yang kaya dengan pengaruh Tionghoa dan Belanda. (P-DTK/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini