26.3 C
Jakarta
Sunday, September 8, 2024

    Cawagub Golkar Jakarta Jusuf Hamka janjikan sekolah & kesehatan gratis serta basmi macet

    Terkait

    PRIORITAS, 15/7/24 (Jakarta): Jusuf Hamka benar-benar telah siap maju di Pilkada Jakarta 2924.

    Diberitakan, politikus Partai Golkar sekaligus pengusaha jalan tol, ini, blak-blakan soal kesiapannya maju dalam kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

    Yang pasti ia mengatakan siap mengikuti keputusan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto jika diamanahkan untuk maju sebagai calon wakil gubernur (Cawagub) mendampingi Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep sebagai calon gubernur (Cagub).

    Dikatakan, Jusuf bahkan sudah mengemukakan janjinya jika maju sebagai Cawagub dari Partai Golkar. Ia mengatakan, akan mencanangkan program pendidikan dan kesehatan gratis bagi warga miskin.

    “Gak ada cerita lagi, saya kepengin mereka semua dilayani dengan baik, biar biaya Pemprov yang tanggung,” kata dia, dikutip dari Detikcom, Sabtu (13/7/24) lalu.

    Atasi macet, banjir dan sampah

    Sementara itu, di bidang infrastruktur pria yang kerap disapa Babah Alun itu berjanji akan membantu mengurai kemacetan, mengatasi banjir, dan membenahi masalah pembuangan sampah.

    “Saya membayangkan akan ada jalur khusus untuk transportasi publik dan listrik dengan shelter yang nyaman seperti untuk Whoosh. Gak cuma Glodok-Sudirman atau Blok M, tapi juga ke pinggirian Jakarta,” kata Jusuf sebelum menemui mantan Menko Polhukam Prof Mahfud MD.

    Disebutnya, dengan shelter yang nyaman, dan memperbanyak transportasi publik berenergi listrik secara gratis atau dengan tarif semurah mungkin, dia optimistis kemacetan akan terurai. Sebab para pemilik kendaraan pribadi akan beralih ke kendaraan umum.

    Selaun itu, ia juga menyorot soal masalah timbunan produksi sampah yang mencapai ribuan ton perhari. Solusinya tak cukup dengan teknologi dan sinergi dengan daerah penyangga seperti Bekasi dan Tangerang, tapi juga terus membangun budaya masyarakat untuk lebih sadar mengelola sampah di lingkungan masing-masing.

    “Agama kan mengajarkan kebersihan sebagian dari iman, malu lah kita ini kalau masih jorok soal sampah,” ujar Jusuf.

    Jika Kaesang mau

    Sebelumnya Partai Golkar menyodorkan nama Jusuf Hamka sebagai bakal calon wakil gubernur (Bacawagub) DKI Jakarta jika Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mencalonkan diri sebagai gubernur DKI.

    Airlangga mengatakan, salah satu modal utama Jusuf ialah paham infrastruktur untuk mengatasi macet Jakarta. Sementara itu, Jusuf mengaku baru mengenal anak bungsu Presiden Jokowi pada Kamis (11/7/24) lalu di Kantor DPP Partai Golkar.

    “Iya baru kenal dan dikenalin pas pertemuan itu aja,” ia berucap.

    Sebagai informasi, Jusuf Hamka terlahir dari pasangan Dr Joseph Suhaimi, S.H alias Jauw To Tjiang dan Suwanti Suhaimi (Siaw Po Swan). Ayahnya dosen Universitas 17 Agustus (Untag) 1945 Jakarta, dan ibunya juga seorang guru.

    Jusuf merupakan alumnus Fakultas Hukum Untag. Dia juga menyelesaikan kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Bisnis Administrasi Columbia College, Kanada, hingga Administrasi Negara Fisip Universitas Jayabaya.

    Jusuf Hamka memeluk Islam pada 1981 saat dia berusia 23 tahun, di bawah bimbingan Prof Buya Hamka. Dia tercatat pernah menjadi Ketua PWNU DKI Jakarta dan sejak September 2023 dikukuhkan menjadi Bendahara PBNU.

    Selain diketahui telah membangun sejumlah masjid di beberapa daerah, Jusuf Hamka juga tengah membangun Kampung Keragaman di Cilincing, Jakarta Utara. Selain ada crematorium, kata dia, di sana akan dilengkapi dengan masjid, gereja, pura, dan kelenteng. (P-CNBCi/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini