28.2 C
Jakarta
Wednesday, May 22, 2024

    Wuauw !!! Ilmuwan temukan terumbu karang setinggi 500 meter, lebih tinggi dari Empire State Building di New York

    Terkait

    Canberra, 1/11/20 (SOLUSSInews.com)– Laporan dari Australia menyebutkan, satu terumbu karang yang sangat besar telah ditemukan di ujung utara Great Barrier Reef.

    Berdasarkan riset para ilmuwan, seperti dilaporkan BBC, Rabu (28/10/20), penemuan karang ini merupakan yang pertama dalam 120 tahun.

    Dengan ketinggian 500 meter, terumbu karang ini lebih tinggi dari Empire State Building di New York dan Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia.

    Para ilmuwan dalam misi 12 bulan menemukan struktur tersebut, terlepas dari Great Barrier Reef di lepas Cape York, minggu lalu. Mereka melakukan pemetaan 3D dasar laut di area tersebut.

    Robot jelajah terumbu

    Sekelompok tim di atas kapal penelitian milik Schmidt Ocean Institute (SOI), satu kelompok nirlaba yang berbasis di California, menggunakan robot bawah air untuk menjelajahi terumbu karang.

    “Untuk menemukan karang baru setinggi setengah kilometer di lepas pantai Cape York di Great Barrier Reef yang terkenal menunjukkan betapa misteriusnya dunia di luar garis pantai kita,” kata direktur eksekutif SOI, Dr Jyotika Virmani.

    Dikenal sebagai SuBastian, robot itu menyiarkan langsung video penemuan tersebut pada Minggu (25/10) dan mempostingnya ke YouTube.

    “Kombinasi data pemetaan dan pencitraan bawah air yang hebat ini akan digunakan untuk memahami terumbu baru ini dan perannya dalam Area Warisan Dunia Great Barrier Reef yang luar biasa,” ujarnya.

    Great Barrier Reef, terumbu karang terbesar di dunia, adalah rumah bagi lebih dari 1.500 spesies ikan, 411 spesies karang keras, dan puluhan spesies lainnya. Demikian Suara Pembaruan. (S-SP/BS/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini