26.3 C
Jakarta
Saturday, September 7, 2024

    Wouw !!! Baru 60 hari jadi Presiden AS, Biden sudah tantang Rusia dan Tiongkok

    Terkait

    Washington, 22/3/21 (SOLUSSInews.com) – Ya, baru enam puluh hari menjabat kursi presiden Amerika Serikat, Joe Biden sudah berseteru dengan dua negara besar, Tiongkok dan Rusia.

    Dilaporkan, perseteruan ditandai dengan mungkin hubungan terburuk antara Washington dengan Rusia sejak jatuhnya Tembok Berlin. Dan dengan Tiongkok sejak membuka hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat.

    Seperti dilaporkan nytimes.com, Sabtu (20/3/21) lalu, perseteruan itu meledak secara terbuka minggu ini, setelah Biden setuju dengan proposisi, dimana Putin merupajan “pembunuh”. Sementara saat bertemu dengan Amerika Serikat untuk pertama kalinya sejak pemerintahan baru menjabat, Tiongkok ‘menguliahi’ orang Amerika.

    Saat ‘Perang Dingin’ belum berlanjut – hanya ada sedikit ancaman nuklir pada era itu, dan persaingan saat ini telah berakhir pada teknologi, konflik siber, dan operasi pengaruh. Perseteruan saat ini menggemakan konflik masa lalu yang buruk.

    Sebagai momen dalam diplomasi teatrikal, pertemuan pada Kamis (18/3/21) dan Jumat (19/3/21) di Anchorage antara Amerika dan Tiongkok itu mengingatkan pada saat Perdana Menteri Soviet, Nikita S Khrushchev, menjadi berita utama di seluruh dunia 60 tahun yang lalu saat dia membenturkan sepatunya di atas meja Perserikatan Bangsa-Bangsa dan berteriak tentang imperialis Amerika.

    Namun atas semua kelemahan ekonomi Rusia, Vladimir Putin telah terbukti sangat tangguh dalam menghadapi sanksi internasional yang semakin meningkat sejak ia mengambil alih Krimea pada tahun 2014. Sanksi itu dipercepat setelah ia beralih penggunaan agen saraf untuk tokoh oposisi dan serangan siber.

    “Sanksi tidak akan banyak membantu,” komentar Robert M Gates, mantan Direktur CIA dan Sekretaris Pertahanan, baru-baru ini dalam wawancara publik dengan David Ignatius dari The Washington Post.

    “Rusia akan menjadi tantangan bagi Amerika Serikat, tantangan keamanan nasional bagi Amerika Serikat, dan mungkin, dalam beberapa hal, yang paling berbahaya, selama Putin ada di sana.”

    Bagi orang Tiongkok, yang masih menghadapi kegagalan ‘Lompatan Jauh ke Depan’ ketika Khrushchev membanting sepatu dan mengintimidasi Presiden John F Kennedy dalam pertemuan pertama di Wina, ceritanya sangat berbeda.

    Para ekonom memperdebatkan kapan Tiongkok akan memiliki produk domestik bruto terbesar di dunia yang mungkin terjadi menjelang akhir dekade ini. Apakah Tiongkok dapat memenuhi dua tujuan nasional besar lainnya: membangun militer paling kuat di dunia dan mendominasi perlombaan untuk mendapatkan teknologi utama pada tahun 2049, yakni tepat peringatan 100 tahun revolusi Mao.

    Kekuatan ekonomi

    Kekuatan Tiongkok dan Rusia muncul bukan dari persenjataan nuklir mereka yang relatif kecil atau persediaan senjata konvensional semakin banyak.

    Sebaliknya, hal itu muncul dari kekuatan ekonomi dua negara yang kian berkembang.

    Dunia perlu melihat bagaimana Tiongkok dan Rusia menggunakan teknologi yang disubsidi pemerintah untuk menghubungkan negara-negara baik itu Amerika Latin atau Timur Tengah, Afrika atau Eropa Timur, dengan jaringan nirkabel 5G, dimana dimaksudkan untuk mengikat mereka lebih dekat ke Beijing.

    Koneksi itu berasal dari kabel bawah laut yang mereka kumpulkan di seluruh dunia, sehingga jaringan itu berjalan di sirkuit milik Tiongkok. (S-BS/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini