27.2 C
Jakarta
Friday, May 24, 2024

    Warga Jepang umur panjang dengan lakukan olahraga senam ini

    Terkait

    PRIORITAS, 15/5/24 (Tokyo): Sudah jadi rahasia umum, warga Jepang terkenal dengan gaya hidupnya yang sehat. Tak heran, banyak warganya yang berumur panjang. Bahkan, Negeri Sakura disebut memiliki populasi centenarian (orang yang berusia 100 tahun atau lebih) terbanyak di dunia.

    Apa penyebabnya? Ya, karena ada kebiasaan hidup di sana yang membuat mereka bisa umur panjang.

    Baru-baru ini, Héctor García dan Francesc Miralles, penulis buku ‘IKIGAI: Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang’ telah meneliti lebih dari 100 orang tertua di Okinawa, Jepang, yang menjadi zona biru centenarian (orang berumur 100 tahun) tertinggi di dunia.

    Tidak perlu ke gym

    García dan Miralles menemukan, banyak dari warga Lansia di Jepang yang terlihat bugar karena melakukan aktivitas ringan hingga berat.

    “Anda tidak perlu pergi ke gym selama satu jam setiap hari atau lari maraton. Seperti yang ditunjukkan oleh para centenarian Jepang kepada kita, yang Anda butuhkan hanyalah aktif bergerak setiap hari,” tulis García dan Miralles.

    Olahraga panjang umur khas Orang Jepang

    Dalam bukunya, mereka menyebut ada latihan fisik selama lima menit yang dilakukan penduduk Okinawa, latihan itu disebut Radio Taisō.

    Hampir semua orang yang diwawancarai García dan Miralles mengatakan, mereka berlatih Radio Taisō, atau serupa seperti senam pemanasan yang telah populer di Jepang selama beberapa dekade.

    “Bahkan penghuni panti jompo yang kami kunjungi mendedikasikan setidaknya lima menit setiap hari untuk itu, meskipun beberapa melakukan latihan dari kursi roda mereka,” tulis para penulis.

    Disebut Radio Taisō karena instruksi untuk gerakan tersebut pertama kali disiarkan di radio pada tahun 1929.

    Mengudara di radio

    Hingga saat ini ini, Radio Taiso masih mengudara setiap hari pada pukul 6:30 pagi di salah satu stasiun radio tertua di Jepang, NHK Radio 1, menurut sebuah situs yang didedikasikan untuk latihan tersebut.

    Gerakannya berintensitas rendah, bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hari Anda dan hanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk melakukannya.

    Tujuan utama dalam Radio Taiso ialah untuk mempromosikan semangat persatuan di antara para peserta. Latihan biasanya dilakukan berkelompok, termasuk di sekolah sebelum belajar dan di kantor atau toko sebelum bekerja.

    “Salah satu latihan Radio Taiso yang paling ikonik terdiri dari mengangkat tangan ke atas kepala dan kemudian menurunkannya dengan gerakan melingkar,” tulis penulis.

    Yoga dan tai chi juga merupakan olahraga umum di kalangan Lansia di Jepang. Tetapi jika Anda tidak menyukai salah satu dari latihan fisik ini, silakan pilih aktivitas fisik lain yang membuat Anda bergerak.

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini