26.5 C
Jakarta
Monday, May 20, 2024

    Simak !!! Ada 14 manfaat Pepaya untuk kesehatan dan cegah penyakit

    Terkait

    Jakarta, 28/3/23 (SOLUSSInews.com) – Ternuata ada sejumlah manfaat pepaya bagi tubuh untuk membantu mencegah penyakit tidak menular.

    Beberapa manfaat pepaya ialah melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung, melindungi hati, dan indeks glikemik rendah yang baik bagi penderita diabetes.

    Selain itu, manfaat pepaya juga bisa membantu menurunkan berat badan, karena kandungan seratnya tinggi dan kalorinya pun rendah.

    Buah pepaya juga mudah ditemukan di Indonesia dan harganya pun murah. Lantas, apa saja manfaat pepaya?

    Dirangkum dari laman ‘Healthline’ dan Kementerian Kesehatan, berikut sejumlah manfaat pepaya yang dapat membantu mencegah penyakit tidak menular:

    1. Melancarkan pencernaan

    Manfaat pepaya yang cukup dikenal oleh masyarakat yakni dapat melancarkan pencernaan. Hal ini lantaran enzim papain dalam pepaya membuat protein lebih mudah dicerna.

    Studi menunjukkan, orang yang rutin mengonsumsi pepaya selama 40 hari terbukti lebih aman dari serangan konstipasi dan kembung. Selain itu, konsumsi pepaya yang kaya akan serat dan air juga bisa mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan frekuensi BAB.

    2. Meningkatkan kesehatan jantung

    Selanjutnya, manfaat pepaya jika dikonsumsi secara rutin juga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

    Studi menunjukkan, buah-buahan dengan kandungan likopen dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung.

    Sementara antioksidan dalam pepaya dapat melindungi jantung dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol baik atau HDL.

    3. Bagus untuk kesehatan kulit 

    Selain itu, manfaat pepaya juga dapat membantu kulit wajah dan tubuh menjadi lebih kencang serta awet muda.

    Aktivitas radikal bebas yang berlebihan dapat memicu munculnya kerutan, kulit kendur, dan kerusakan lain seiring pertambahan usia.

    Sedangkan vitamin C dan likopen dalam pepaya terbukti melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan tersebut.

    4. Mencegah asma 

    Pepaya merupakan salah satu buah yang mengandung beta karoten. Nah, manfaat buah pepaya yakni dapat mencegah asma. Sebab, rutin mengonsumsi makanan yang mengandung beta karoten dapat menurunkan risiko terkena asma.

    5. Menjaga kesehatan tulang 

    Kandungan vitamin K dalam pepaya membuat manfaat pepaya ialah dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Vitamin K penting untuk membantu penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium sehingga bisa membuat tulang lebih kuat.

    6. Baik untuk kesehatan rambut

    Buah pepaya mengandung vitamin A yang dibutuhkan untuk produksi sebum yang menjaga kelembapan rambut. Sehingga, manfaat buah pepaya yakni baik untuk menjaga kesehatan rambut.

    7. Menurunkan kolesterol

    Selanjutnya, manfaat pepaya yakni dapat menurunkan kolesterol. Pepaya merupakan sumber serat, antioksidan serta vitamin C. Makan buah ini berarti menghindarkan diri dari kolesterol.

    8. Baik untuk penderita diabetes

    Meskipun manis dalam segi rasa, pepaya memiliki kandungan gula rendah dan indeks glikemik yang juga rendah, sehingga sangat baik untuk pasien diabetes. Kaya nutrisi ‘phyto’ dan vitamin, pepaya juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung bagi penderita diabetes dan melindungi hati.

    9. Meningkatkan kekebalan tubuh

    Manfaat pepaya juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab, pepaya kaya vitamin C, dan bahkan menyediakan dua kali lipat asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

    Ini berarti sistem kekebalan tubuh dapat terjaga dengan makan buah ini, sehingga mampu bertahan dari semua jenis infeksi.

    10. Melindungi dari radang sendi

    Pepaya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan kaya vitamin C. Jadi manfaat pepaya itu baik sekali untuk memperkuat tulang dan melindungi tubuh terhadap arthritis atau radang sendi.

    11. Mengurangi stres

    Selanjutnya, manfaat pepaya ialah dapat membantu mengurangi stres. Sebab, dengan kadar vitamin C cukup tinggi yang terbukti berkhasiat menjaga produksi hormon stres agar tetap rendah.

    12. Mengurangi nyeri haid

    Enzim dalam pepaya, yang disebut papain membantu mengatur dan melancarkan aliran darah saat menstruasi.

    13. Mencegah kanker usus & prostat

    Studi ‘Harvard School of Public Health’, beta karoten dalam pepaya efektif dalam menekan pertumbuhan kanker usus serta kanker prostat.

    Juga, antioksidan dan flavonoid dalam pepaya mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membantu mengurangi risiko kanker.

    14. Membuat mata lebih sehat

    Manfaat pepaya juga bisa membuat mata lebih sehat lantaran buah ini mengandung ‘cyptoxanthin’, ‘zeaxanthin’ dan ‘lutein’ serta vitamin A. Sehingga, pepaya mencegah degenerasi makula akibat penuaan dan melindungi mata dari kemungkinan kerusakan.

    Demikian manfaat pepaya untuk membantu mencegah penyakit tidak menular. (S-KCid/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini