31.1 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

    Sesudah China dan Jepang, Prabowo lanjutkan lawatan ke Malaysia, bertemu Perdana Menteri Anwar Ibrahim

    Terkait

    PRIORITAS, 4/4/24 (Kuala Lumpur): Capres terpilih yang juga Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto melanjutkan lawatan ke Malaysia, untuk bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Kuala Lumpur, Kamis (4/4/24), selepas menyambangi China pada Minggu (31/3/25) dan Jepang (3/4/24) lalu.

    Malaysia menjadi negara ketiga yang dikunjungi Prabowo dalam rangkaian lawatan luar negerinya sejak dia ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai calon presiden (Capres) terpilih pada 20 Maret 2024.

    Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI, Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha dalam siaran resminya di Jakarta, Kamis (4/4/24), menyampaikan, Prabowo dan rombongan tiba di Pangkalan Udara Subang, Shah Alam, Selangor, Malaysia pada Rabu (3/4/24) malam.

    Di apron pangkalan udara itu, kedatangan Prabowo disambut Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin dan Atase Pertahanan RI di Kuala Lumpur, Brigjen TNI Winarno.

    Perkuat hubungan diplomatik serta kerja sama pertahanan

    “Pertemuan kedua negara ini didasarkan pada keinginan untuk memperkuat hubungan diplomatik serta rasa optimisme bahwa kerja sama pertahanan Indonesia dan Malaysia akan semakin signifikan di masa yang akan datang,” kata Edwin menjelaskan tujuan lawatan Prabowo ke Malaysia saat dihubungi di Jakarta, Kamis (4/4/24).

    Di Malaysia, Prabowo turut didampingi beberapa pejabat dari TNI dan Kemhan RI serta DPR RI, di antaranya Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Sugiono, Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS), TNI Letjen TNI Yudi Abrimantyo, dan Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, Marsekal Muda TNI Yusuf Jauhari.

    Kompak tingkatkan ķerjasama dan pelihara hubungan

    Prabowo memulai rangkaian lawatannya ke tiga negara, yaitu China, Jepang, dan Malaysia untuk bertemu tidak hanya sesama menteri pertahanan, tetapi juga kepala negara dan kepala pemerintahan masing-masing negara.

    Di China, Prabowo bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri China Li Qiang, dan Menteri Pertahanan China Laksamana Dong Jun. Pertemuan dengan ketiga petinggi China itu berlangsung di Beijing.

    Kemudian di Jepang, Prabowo bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida dan Menteri Pertahanan Minoru Kihara.

    Prabowo menemui PM Kishida dan Menhan Kihara masing-masing di Kantor Perdana Menteri Jepang dan Kantor Kementerian Pertahanan Jepang yang keduanya berada di Tokyo.

    Dalam pertemuan itu, China dan Jepang kompak menyampaikan sikap mereka untuk terus meningkatkan kerja sama dan memelihara hubungan baik dengan Indonesia yang telah terjalin cukup lama. (P-ANT/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini