26.5 C
Jakarta
Monday, May 20, 2024

    Santap !!! Ini empat makanan sehat yang bantu turunkan berat badan dengan cepat

    Terkait

    Jakarta, 22/2/23 (SOLUSSInews.com) – Jelas, tubuh yang sehat merupakan dambaan banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang mempunyainya. Gaya hidup dan kebiasaan duduk lama jadi salah satu faktor penyebab obesitas.

    Mereka yang obesitas dalam hatinya tentu ingin punya tubuh sehat. Nah, untuk mendapatkan tubuh sehat tentu kamu harus mengonsumsi makanan sehat.

    Yuk, simak rekomendasi empat makanan sehat yang akan membantu menurunkan berat badan.

    1. Oatmeal
    Oatmeal merupakan salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi terutama jika kamu sedang dalam proses menurunkan berat badan. Oatmeal rendah kalori tetapi tinggi serat dan protein, dua nutrisi yang dapat memengaruhi nafsu makan dan mengendalikan berat badan.

    Sumber dari oat ialah beta-glukan, sejenis serat yang memengaruhi segalanya, mulai dari fungsi kekebalan hingga kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian, beta-glukan dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah lonjakan dan penurunan yang dapat meningkatkan nafsu makan.

    Untuk membuat makanan sehat ini juga mudah. Supaya rasanya tidak hambar, kamu bisa mencampurkan satu cangkir (235 gram) oatmeal dengan setengah cangkir (74 gram) buah beri, satu sendok makan (tujuh gram) biji rami bubuk, dan segenggam almon.

    2. Salmon
    Ikan kaya akan protein rendah lemak. Salah satu ikan yang rendah lemak dan bisa dijadikan makanan diet ialah salmon. Sebuah penelitian yang diterbitkan PLOS ONE menunjukkan, kandungan lemak omega-3 pada salmon dapat membantu mengurangi lemak perut. Temuan ini dilaporkan pada peserta yang kelebihan berat badan. Maka tidak heran salmon digemari para pelaku diet ya.

    Seperti makanan berprotein tinggi lainnya, salmon juga membantu mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan. Selain itu, ikan ini juga membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

    3. Buah-buahan
    Makanan sehat lain yang membantu kamu menurunkan berat badan tentu saja buah-buahan. Ada banyak buah-buahan yang bisa kamu pilih. Contohnya buah beri. Ada banyak variasi buah beri, seperti stroberi, blueberi, blackberi, raspberi, dan masih banyak lagi.

    Buah-buahan tersebut rendah kalori dan memiliki nutrisi yang banyak. Buah beri juga menyediakan banyak vitamin dan mineral penting, serta kaya akan serat yang dapat mengurangi rasa lapar. Kamu bisa memasukkan buah beri ke dalam menu sarapan, misalya menambahkann ke smoothie, oatmeal, atau yogurt.

    Selain buah beri, kamu juga bisa mengonsumsi pir atau apel. Kedua buah ini ketika dikonsumsi sebelum waktu makan telah terbukti dapat mengurangi rasa lapar. Ini karena apel mengandung pektin, serat larut air yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Sementara pir mengandung serat yang cukup untuk meningkatkan pencernaan dan memberi sinyal ke pikiran dimana kamu sudah makan dan kenyang.

    4.Telur
    Selain enak, telur ialah makanan yang sangat bergizi. Penelitian menunjukkan, telur merupakan makanan sehat terbaik untuk dikonsumsi, karena membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan makan telur di pagi hari, kamu bisa mengurangi keinginan untuk makan terlalu banyak kalori di siang hari.

    Menariknya lagi, telur juga padat nutrisi. Dengan demikian, ketika diet dengan mengonsumsi telur, kamu tidak perlu takut kekurangan gizi atau nutrisi. Namun pastikan kamu jangan mengonsumsinya berlebihan, bukannya sehat yang ada nanti kadar kolesterol dalam tubuhmu malah naik.

    Kamu bisa coba sarapan sehat yang simpel dengan telur. Siapkan roti tawar, lalu isi dalamnya dengan telur orak-arik. Dari roti tawar dan telur, kamu mendapatkan 22 persen energi dari karbohidrat, 23 persen energi dari protein, dan 55 persen energi dari lemak. (S-BS/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini