27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    Prediksi BMKG: Sebagian besar RI diguyur hujan sedang-lebat

    Terkait

    PRIORITAS, 4/5/24 (Jakarta): Hari Sabtu (4/5/24) ini akan ada risiko hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Sabtu, meliputi Aceh, Bangka Belitung, Banten, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

    Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Guswanto di Jakarta, Sabtu (4/5/24) menjelaskan, adapun daerah-daerah lain yang mendapatkan peringatan serupa oleh BMKG ialah Kalimantan Utara, Maluku, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Sumatra Utara.

    Kemudian, kata dia, untuk risiko hujan petir diperkirakan turun di DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Maluku Utara.

    BMKG juga memberikan peringatan dini akan risiko hujan di Lampung, serta angin kencang di Nusa Tenggara Timur.

    Selain itu, BMKG memberikan perkiraan cuaca di RI, di mana sebagian besar wilayah hujan ringan atau hujan sedang pada siang hari. Adapun Gorontalo, Pontianak, Banjarmasin, diperkirakan hujan petir pada waktu tersebut.

    Kupang diperkirakan cerah, sedangkan Banda Aceh, Denpasar, Surabaya, Bandar Lamping, Mataram, dan Palembang cerah berawan.

    Mamuju diperkirakan hujan sepanjang hari, dengan hujan sedang pada siang dan dini hari serta hujan lebat pada malam hari.

    Sebagian besar RI diperkirakan berawan atau cerah berawan pada malam hari, namun Tarakan dan Pekanbaru hujan petir.

    Adapun pada dini hari, sebagian besar wilayah RI diperkirakan cerah berawan atau berawan, sementara itu Pekanbaru dan Bandarlampung berkabut, dan Surabaya diperkirakan cerah.

    Awal musim kemarau

    Berdasarkan informasi perkembangan musim BMKG, sekitar 63 persen wilayah zona musim diprediksi mengalami awal musim kemarau pada bulan Mei hingga Agustus 2024.

    Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto juga mengemukakan bahwa dalam sepekan ke depan, BMKG mengidentifikasi masih adanya potensi peningkatan curah hujan secara signifikan, yakni di sebagian besar Sumatera, Jawa bagian barat dan tengah, sebagian Kalimantan dan Sulawesi, Maluku dan sebagian besar Papua.

    “Potensi hujan signifikan terjadi karena kontribusi dari aktivitas Madden Julian Oscillation -MJO-, Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial, serta kondisi suhu muka laut yang hangat pada perairan wilayah sekitar Indonesia,” kata Guswanto, seperti dilansir ANTARA. (P-ANT/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini