31.3 C
Jakarta
Sunday, September 8, 2024

    Pemerintah Korsel suarakan keinginan bertemu Presiden Terpilih RI Prabowo di forum INGJNK

    Terkait

    PRIORITAS, 14/5/24 (Jakarta) : Direktur Asia Tenggara I Kementerian Luar Negeri Korsel Kwak Jeong Yeol dalam pertemuan dengan delegasi wartawan Indonesia peserta program Indonesia Next Generation Journalist Network on Korea (INGJNK) mengatakan, pemerintah Korea Selatan menantikan kunjungan Prabowo Subianto pasca terpilih sebagai Presiden RI untuk periode 2024-2029, dalam pemilu di Indonesia pada Februari lalu.

    Pertemuan dengan delegasi wartawan Indonesia peserta program Indonesia Next Generation Journalist Network on Korea, di Seoul, Korea Selatan itu sendiri diselenggarakan oleh Korea Foundation bersama Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI).

    “Sebagai direktur yang bertanggung jawab pada hubungan bilateral Indonesia dan Korea, saya sangat menantikan kunjungan beliau (Prabowo) segera,” kata Kwak di Seoul, Senin (13/5/2024).

    Dia mengatakan akan mengupayakan kunjungan Prabowo, yang diharapkan dapat memperkuat kerja sama Indonesia dan Korsel di masa mendatang, dalam berbagai bidang.

    Mengingat latar belakang Prabowo di bidang militer dan jabatannya kini sebagai Menteri Pertahanan RI, kepemimpinan Prabowo juga diharapkan membuka lebih banyak ruang kerja sama di bidang pertahanan dan industri pertahanan.

    Setelah mendapatkan suara terbanyak dalam Pemilihan Presiden 2024, Prabowo melakukan lawatan ke China dan Jepang pada April lalu.

    Di China, dia bertemu dengan Presiden Xi Jinping sebelum kemudian melanjutkan perjalanannya ke Jepang untuk menemui Perdana Menteri Fumio Kishida.

    Lawatan Prabowo ke dua negara Asia Timur itu dinilai sangat penting untuk membangun keberlanjutan kedekatan hubungan dengan Indonesia serta untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

    Lawatan itu, yang dilakukan di tengah gugatan hasil pilpres di Mahkamah Konstitusi, juga dinilai semakin menegaskan posisi strategis Indonesia di kancah regional maupun global.

    Tentang INGJNK

    Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea (INGJNK) merupakan sebuah wadah bagi para jurnalis profesional di Indonesia untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang hubungan Indonesia-Korea yang yang masih kurang tersentuh karena terbatasnya akses informasi.

    Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) selaku pelaksana menyebut, program INGJNK akan melibatkan para jurnalis mengambil bagian dalam serangkaian workshop. Peserta akan memiliki kesempatan untuk mendalami berbagai relasi Indonesia dengan Korea dengan para cendekiawan, pembuat kebijakan, dan praktisi dari Indonesia dan Korea.

    Workshop pertama telah digelar sejak 2021. Pada batch tiga (2023) menghadirkan pembicara dari Kementerian Luar Negeri RI, Professor of Political Science and International Relations, Korea University Jae Hyeok-shin dan Wakil Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Vahd Nabyl yang membahas update dan sejarah hubungan Indonesia dan Korsel dari berbagai bidang.

    Program INGJNK pelaksanaanya berjalan selama enam kali setiap bulannya dan diakhiri dengan kunjungan ke Korea ini. Tujuannya untuk memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama antara Indonesia dan Korea dengan meningkatkan peran media dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman publik tentang Korea di Indonesia.

    Selain itu, program ini juga turut menyediakan waktu dan sumber daya yang dibutuhkan wartawan untuk untuk memperoleh pemahaman yang menyeluruh dan pengetahuan yang relevan tentang isu-isu yang terkait dengan Indonesia-Korea.

    Program ini pun memfasilitasi dialog yang terbuka dan konstruktif antara Jurnalis Indonesia dengan para ahli atau praktisi Korea dan Indonesia dan membentuk sebuah kelompok jurnalis Indonesia yang memiliki minat yang sama terhadap isu-isu Korea. (P-DTK/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini