31.3 C
Jakarta
Sunday, September 8, 2024

    Lima cara membedakan Emas Antam asli atau palsu

    Terkait

    PRIORITAS, 2/6/24 (Jakarta) : Viral Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan enam orang sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait tata kelola emas di PT Antam tahun 2010-2021. Menyusul kabar tersebut, sedang ramai juga informasi perkara emas Antam palsu yang beredar di masyarakat.

    Maka dari itu, pemilik emas harus waspada dengan mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu. Mengutip situs logam mulia ada lima cara untuk membedakan emas palsu dan asli.

    Pertama, lihat dari penampilan fisiknya. Emas asli memiliki cap yang menampilkan kadar kemurnian atau disebut juga dengan fineness dan bobot gram dari Emas tersebut. Khusus produk Antam tentu ada cap logo Antam dan kadar serta berat dari emas tersebut.

    Kedua, cek kemasannya apakah dalam kondisi baik atau cacat. Sebab emas Antam yang asli pasti akan dijual dalam kondisi yang masih dalam kondisi baik dengan kemasan yang tidak ada cacat.

    Khusus produk ANTAM LM CertiCard kemasan sudah terjamin menjaga agar Emas tidak terkena debu, kemasan Emas CertiCard ANTAM LM ini juga bisa menjadi salah satu bukti keaslian Emas tersebut.

    Cara ketiga adalah dengan gigit emas. Emas merupakan jenis logam lunak sehingga bisa mengetes keaslian dan kemurniannya dengan menggigit sedikit area emas batangan.

    Jika setelah digigit terdapat bekas gigitan maka bisa dipastikan emas tersebut asli. Sedangkan, apabila tidak ada bekas gigitan yang tertinggal, maka emas tersebut merupakan campuran.

    Maka dari itu ada tradisi gigit medali emas di antara para atlet setelah meraih medali emas, adalah untuk mengecek kemurnian dan keaslian emas dari medali tersebut.

    Keempat dengan menggosok emas dengan menggunakan kain atau tangan. Gunanya untuk mengecek apakah warna emas tersebut asli atau lapisan. Produk logam mulia Emas Antam yang asli sudah pasti tidak akan berubah warna setelah digosok.

    Sedangkan emas Antam palsu dengan lapisan akan gampang luntur warnanya seiring dengan berjalannya waktu sebab sifat emas asli dan murni yang anti korosif.

    Terakhir, kelima adalah mencium bau emas. Emas yang asli tidak akan mengeluarkan aroma amis atau anyir seperti bau besi, tembaga dan logam lain yang khas mengeluarkan bau. (P/CNBC/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini