32.1 C
Jakarta
Friday, October 18, 2024

    Krejcikova ikuti jejak mentornya mendiang Novotna juara Wimbledon

    Terkait

    PRIORITAS, 14/7/24 (London): Barbora Krejcikova menjuarai Wimbledon usai menaklukkan petenis Italia Jasmine Paolini dengan
    6-2, 2-6, 6-4.

    Kemenangan ini membuat petenis Ceko Krejcikova  sekaligus meraih gelar keduanya di ajang Grand Slam nomor tunggal putri, Sabtu (13/7/24) waktu setempat.

    kenang mendiang jana novotna

    Petenis peringkat 32 dunia itu mengaku tidak pernah bermimpi memegang gelar yang sama dengan mendiang mentornya, Jana Novotna, yang memberinya jalan menuju petenis profesional.

    Novotna adalah juara Wimbledon pada 1998. Dia adalah mantan teman, pelatih, dan mentor Krejcikova yang meninggal karena kanker pada usia 49 tahun pada 2017.

    “Jana adalah orang yang memberi tahu saya bahwa saya memiliki potensi. Dan sebelum ia meninggal, ia mengatakan kepada saya untuk memenangkan grand slam. Saya tidak pernah bermimpi akan memenangkan trofi yang sama seperti yang diraih Jana pada 1998,” kata Krejcikova.

    Krecikova menjelaskan bagaimana Novotna sangat berperan dalam kariernya dan menyadari bawha Wimbledon sebagai tujuan akhir dalam tenis.

    “Sejujurnya, mungkin ada sedikit perubahan ketika saya bertemu Jana dan dia menceritakan semua kisah tentang Wimbledon, tentang rumputnya, betapa sulit baginya untuk memenangkan gelar, dan betapa emosionalnya dia ketika dia berhasil melakukannya. Sejak saat itu, saya mulai melihat Wimbledon sebagai turnamen terbesar di dunia.”

    Krejcikova, unggulan ke-31, menang 6-2, 2-6, 6-4 untuk menambah gelar Grand Slam dari All England Club 2024 setelah kemenangannya di Prancis Terbuka 2021.

    jalannya pertandingan

    Krejcikova mengatur ritmenya dengan langsung mematahkan servis Paolini di gim pembuka.

    Paolini harus menyelamatkan dua break point pada gim ketiga namun ia kembali tertekan saat Krejcikova yang tenang melakukan double-break untuk unggul 4-1.
    Krejcikova melakukan tiga set point pada gim kedelapan dan hanya membutuhkan satu set point saat Paolini melakukan pukulan backhand ke net.

    Paolini hanya mampu mengklaim empat poin dari servis petenis Ceko itu.  Krejcikova mencetak 10 winner berbanding lima winner dari lawannya.

    Paolini sempat berlari meninggalkan Centre Court untuk istirahat di kamar mandi dan kembali dengan semangat.

    Dia juga kehilangan set pertama dalam kemenangan maratonnya di semifinal atas Donna Vekic, namun dia kembali melakukan perlawanan pada set kedua.

    Break pada gim kedua dan kedelapan menyamakan kedudukan di final setelah satu set di mana Krejcikova membuat 14 kesalahan sendiri berbanding tujuh untuk lawannya, dan membuat jumlah kesalahan gandanya menjadi yang tertinggi di turnamen itu, yaitu 33.

    Namun, momentum berubah secara dramatis kembali menguntungkan Krejcikova di set penentuan ketika Paolini melakukan kesalahan ganda sehingga menyerah dan tertinggal 3-4.

    Krejcikova mempertahankan keunggulan 5-3 tetapi mengalami akhir yang menegangkan, membutuhkan tiga poin dan menyelamatkan dua break point pada gim ke-10 untuk memastikan gelar.

    “Saya tidak punya kata-kata apa pun. Sulit dipercaya apa yang baru saja terjadi. Hari terbaik dalam karier tenis saya — dan hari terbaik dalam hidup saya,” kata Krejcikova dalam wawancara lapangan usai pertandingan.

    “Sangat sulit untuk menjelaskan apa yang saya rasakan saat ini.” (MIC/ANT/wr)—- foto ilustrasi istimewa

     

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini