25.6 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

    Jenderal Maruli kunjungi Pentagon, bahas kerja sama militer RI-AS

    Terkait

    PRIORITAS, 21/5/24 (Pentagon): Kerja sama di bidang pertahanan antara RI dan AS telah berlangsung lama.

    Dan hari Senin (20/5/24) waktu setempat, hal itu kembali menjadi fokus pembicaraan antara Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang mengunjungi Chief of Staff of US Army (KSAD Amerika Serikat) General Randy A George di Pantagon, Virginia, Amerika Serikat.

    Mengutip siaran pers resmi TNI yang diterima Selasa (21/5/24), dijelaskan, ini merupakan kali pertama Maruli bertemu dengan petinggi militer Amerika Serikat (AS) untuk membahas kerja sama semenjak dirinya menjabat sebagai KSAD.

    Latihan bersama dan pertukaran prajurit

    Maruli menjelaskan, beberapa bidang kerja sama akan dilakukan antara pihaknya dengan militer AS di antaranya latihan bersama hingga pertukaran prajurit.

    Tidak hanya itu, kerja sama di bidang pertukaran ilmu pengetahuan soal Alutsista juga akan dilakukan kedua negara besar tersebut.

    Dengan terjalinnya kerja sama militer itu, diharapkan pertahanan Indonesia terkhusus Angkatan Darat akan semakin kuat.

    Selain itu, kerja sama militer tersebut juga diharapkan dapat membuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika semakin harmonis.

    Komiitmen Amerika dukung Indonesia

    Di saat yang sama, General Randy A. George memastikan komitmen Amerika Serikat untuk mendukung Indonesia dalam meningkatkan kapabilitas pertahanannya.

    Pihaknya juga sangat menghargai hubungan erat US Army dengan TNI AD selama ini.

    “Secara umum, kerja sama ini bahkan bukan hanya bermanfaat bagi kedua negara saja, tapi juga bermakna signifikan bagi stabilitas dan keamanan kawasan secara keseluruhan”, kata General Randy A George dalam pertemuan tersebut. (P-ANT/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini