26.3 C
Jakarta
Sunday, September 8, 2024

    Festival Budaya Isen Mulang jadi kekuatan pariwisata di Kalteng

    Terkait

    PRIORITAS, 19/5/24 (Palangka Raya):  Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) terus berkembang dalam rangka mendukung penguatan sektor kebudayaan dan pariwisata di Kalimantan Tengah (Kalteng).

    FBIM 2024 digelar sejak 18 hingga 24 Mei ini,  termasuk sebagai salah satu agenda Kharisma Event Nusantara (KEN). KEN merupakan strategi kolaborasi antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan kegiatan yang berkualitas dalam membangkitkan geliat agenda daerah dengan mempromosikan destinasi wisata, meningkatkan kunjungan wisata, dan memberdayakan potensi lokal.

     
    “Dari tahun ke tahun FBIM terus berkembang dan semakin baik. Terus bergerak dan melakukan perubahan, berinovasi serta kreatif, bukan hanya sebagai seremoni, tetapi juga menjadi kekuatan pariwisata daerah, nasional, bahkan mancanegara,” kata Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran di Palangka Raya, Minggu (19/5/24).

    Dia mengatakan,  FBIM terus berkembang dengan penyelenggaraan yang kian inovatif. Kian berkembang dan semaraknya penyelenggaraan FBIM sebagai salah satu agenda tahunan terbesar yang ada ada Kalimantan Tengah, dan diharapkan mampu memberi manfaat maksimal bagi daerah dan masyarakat sebagai salah satu penggerak perekonomian.

    Pada FBIM 2024, Kalimantan Tengah The Power of Culture diselenggarakan karnaval budaya, ragam olahraga tradisional, perahu hias, atraksi seni dan budaya, hingga konser musik.

     

    Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kurleni Ukar mengatakan FBIM 2024 diharapkan dapat membantu mendongkrak kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, khususnya ke Kalimantan Tengah sebagai salah destinasi wisata unggulan yang sudah terkenal di mancanegara.

     

    “FBIM ini juga menjadi wajah promosi ekonomi kreatif dan kuliner khas Kalteng, sehingga lebih berkembang dan dikenal,” ujarnya.

     
    Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Adiah Chandra Sari menyampaikan FBIM ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-67 Kalimantan Tengah dan sebagai upaya melestarikan nilai- nilai tradisi seni dan budaya.

     

    “Kegiatan ini menjadi sarana yang baik untuk memperkenalkan potensi dan keunggulan pariwisata yang ada di Kalimantan Tengah,” tuturnya.

    Selain itu, diharapkan mampu menggugah dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan nilai-nilai seni, tradisi dan budaya yang ada di Kalimantan Tengah. (P-/ANT/wr): —– foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini