34 C
Jakarta
Saturday, July 27, 2024

    Brasil akui vaksin Sinovac yang juga akan dipakai di Indonesia capai standar kemanjuran WHO

    Terkait

    Jakarta, 25/12/20 (SOLUSSInews.com) – Di Hari Natal ini, ada khabar dari Brasil yang mengatakan, uji klinis vaksin virus corona penyebab Covid-19, yakni Sinovac dikembangkan Tiongkok, telah mencapai ambang kemanjuran sebagaimana direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

    “Vaksin ini telah mencapai ambang kemanjuran yang memungkinkan kami untuk mencari izin penggunaan darurat,” ujar Direktur Butantan Institute, Dimas Covas, melansir AFP.

    Kendati telah dinyatakan manjur, namun Butantan Institute tidak mempublikasikan hasil uji coba tahap terakhir tersebut. Covas mengatakan, klausul dalam kontrak Sinovac menegaskan, hasil tes fase III hanya dapat dipublikasikan setelah semua uji klinis di seluruh dunia telah selesai.

    Di Brasil, sebanyak 13 ribu sukarelawan mengikuti uji coba. Uji coba juga dilakukan di Turki, Indonesia, dan Tiongkok.

    Pesan 100 juta dosis

    WHO sendiri merekomendasikan ambang batas kemanjuran vaksin setidaknya mencapai di atas 50 persen. Namun, vaksin lain seperti Pfizer/BioNTech telah mencapai kemanjuran 90 persen.

    Covas mengatakan, pemerintah Brasil sendiri rencananya akan memesan 100 juta dosis vaksin Sinovac. Ini dua kali lipat dari angka pemesanan sebelumnya yang sempat diumumkan sebanyak 46 juta dosis.

    readyviewed Saat ini, sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Sinovac telah tiba di Indonesia. Namun, sebagian masyarakat masih mempertanyakan efektivitas dan kehalalan produk vaksin tersebut.

    Ditambah lagi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih menunggu hasil uji klinis di Brasil dan Tiongkok, baru mengeluarkan izin edar penggunaan darurat atau emergency use authorization vaksin tersebut. Demikian CNN Indonesia. (S-CNN/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini