27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    Tak Mau Mengorok Saat Tidur, Atasi dengan Cara Alami tanpa Obat

    Terkait

    PRIORITAS, 1/5/24 (Jakarta): Mendengkur atau yang lebih dikenal dengan istilah mengorok, tak ayal menjadi pengganggu tidur, baik untuk diri sendiri maupun teman tidur.  Bagi sebagian orang itu mungkin dianggap biasa, tapi sesungguhnya mengorok bisa terjadi karena masalah kesehatan.

    Penyebab mengorok yang wajar biasanya karena kelelahan atau salah posisi tidur. Namun jika sudah menjadi kebiasaan, ini mungkin disebabkan karena obesitas, konsumsi obat tertentu, atau kebiasaan tidak sehat.

    Oleh karenanya, sangat disarankan untuk menghilangkan “kebiasaan” mengorok. Kabar baiknya, ada cara alami untuk mengatasi mengorok, tak perlu mengonsumsi obat-obatan kimiawi.

    Cobalah 10 cara menghilangkan mengorok saat tidur secara alami. Cara ini dilakukan tanpa perlu menggunakan obat, melainkan hanya dengan mengubah kebiasaan. Selain itu, ada juga yang membutuhkan bantuan alat.

    Dilansir detikhealth dari situs Sleep Foundation dan WebMD, berikut ini cara menghilangkan mengorok saat tidur secara alami:

    1. Cobalah Tidur Menyamping
    Salah satu penyebab ngorok atau mendengkur adalah salah posisi tidur. Orang cenderung mendengkur ketika tidur telentang. Untuk itu cobalah tidur dengan badan menyamping dengan kepala menghadap samping.

    2. Tetap Terhidrasi
    Pastikan tetap terhidrasi dengan minum cairan yang cukup. Sekresi di hidung dan langit-langit lunak akan semakin lengket jika mengalami dehidrasi. Cairan tubuh membantu mencairkan sekresi sehingga saluran pernapasan bisa lancar.

    3. Hindari Minum Obat Penenang Sebelum Tidur
    Jika Anda mengkonsumsi obat penenang, sampaikan kepada dokter tentang masalah mendengkur yang Anda alami. Menghentikan penggunaan obat penenang sebelum tidur bisa meredakan mengorok.

    4. Kurangi Berat Badan
    Para ahli merekomendasikan Anda yang memiliki kebiasaan mengorok untuk menurunkan berat badan. Berat badan berlebih atau obesitas membuat orang mendengkur dan mengalami apnea tidur obstruktif atau penyumbatan aliran udara intermittent (berselang) selama tidur. Ikuti saran ahli untuk melakukan diet sehat.

    5. Cobalah Latihan Mulut
    Selain berolahraga secara umum, cobalah melakukan latihan mulut atau orofaring untuk menghentikan dengkuran. Latihan ini melibatkan gerakan lidah dan bagian mulut secara berulang-ulang sehingga otot-otot di lidah kuat, termasuk langit-langit lunak, dan tenggorokan.

    6. Gantilah Bantal Anda
    Kemungkinan lain penyebab mengorok adalah bantal yang biasa Anda pakai. Bantal mungkin mengandung alergen (bahan penyebab alergi) bagi Anda, bisa jadi karena tungau debu, debu dari kipas angin, langit-langit, atau hewan peliharaan. Bersihkan bantal secara teratur dan gantilah secara berkala untuk memastikan tidak ada alergen yang menyebabkan Anda punya kebiasaan mengorok.

    7. Berhenti Merokok
    Kebiasaan merokok juga meningkatkan kemungkinan mengorok. Rokok bisa menimbulkan masalah jantung dan paru-paru. Ini dapat menimbulkan gejala mendengkur saat tidur. Maka bagi Anda yang punya kebiasaan merokok harus segera menghentikannya.

    8. Hindari Alkohol
    Sama seperti merokok, alkohol juga bisa menyebabkan Anda mengorok waktu tidur. Alkohol juga bisa menyebabkan apnea tidur obstruktif. Jika Anda punya kebiasaan minum alkohol sebelum tidur, maka hentikanlah sekarang.

    9. Pakai Strip atau Dilator Hidung
    Menghentikan kebiasaan mengorok bisa dilakukan menggunakan bantuan alat, seperti strip atau dilator hidung internal dan eksternal untuk meningkatkan aliran udara saat tidur. Ini terbukti dapat mengurangi bahkan menghilangkan dengkuran. Alat ini berukuran kecil dan tersedia di toko online maupun di apotek.

    10. Gunakan Corong Anti Mendengkur
    Alat lain yang bisa digunakan adalah perangkat gigi berupa corong anti mendengkur. Anda mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk membiasakan diri menggunakan alat ini karena ukurannya yang lebih besar.

    Nah, itulah 10 cara menghilangkan mengorok saat tidur secara alami. Tidak sulit, asalkan ada kemauan. (P-detikhealth/ht)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini