31.3 C
Jakarta
Sunday, September 8, 2024

    Siloam Group-RSUD ‘Yowari’ bersinergi hadirkan Laboratorium RT-PCR Covid-19 untuk masyarakat Jayapura dan sekitarnya

    Terkait

    Jayapura, 4/2/21 (SOLUSSInews.com) – Mengimngat kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, mendorong masyarakat untuk tetap jangan kendor mematuhi protokol kesehatan, demi memutus mata rantai virus corona, yaitu antara lain menerapkan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak).

    Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si., mengatakan, sembari menunggu vaksinasi Covid-19 diterima masyarakat luas, selama masa pandemi ini tes Covid-19 secara rutin masih menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah penularan virus corona, sekaligus memastikan keamanan aktivitas sehari-hari.

    Dikatakan, ketersediaan layanan dan fasilitas penunjang tes COVID-19 untuk masyarakat menjadi sesuatu yang sangat diperlukan tidak hanya di kota besar seperti di Pulau Jawa, namun juga daerah lain di Indonesia, seperti Papua. Melihat pentingnya kebutuhan tersebut, menurutnya, dia menyambut positif ketika Siloam Hospitals Group bersama RSUD ‘Yowari’ bersinergi menghadirkan laboratorium RT-PCR Covid-19 yang ditujukan mendukung akses tes Covid-19 bagi masyarakat di Kabupaten Jayapura dan sekitarnya.

    Laboratorium RT-PCR Covid-19 RSUD ‘Yowari’ diresmikan pada Kamis (28/1/21) lalu oleh Bupati Jayapqura Mathius Awoitauw, disaksikan Direktur RSUD Yowari, Dr dr Petronella Risamasu, M.Ked Trop, Koordinator Resident Medical Officer (RMO) Siloam Clinic Papua, dr Sri Haryati, MKK, Kepala Laboratorium Siloam Hospitals Ambon, dr Steven Tiro, Sp.PK, serta tamu undangan terbatas.

    “Kehadiran laboratorium RT-PCR COVID-19 kerja sama Siloam Hospitals Group dan RSUD Yowari akan menjadi salah satu upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama dalam penanganan COVID-19 di Kabupaten Jayapura. Proses pengumpulan dan pengujian sampel kini dapat dilakukan lokal, tidak perlu mengirim sampel tes hingga ke luar pulau. Hal ini tentunya sangat memudahkan untuk mengetahui apakah seseorang positif COVID-19 atau tidak dan tentunya hal ini berdampak pula pada penanganan yang bisa lebih cepat dan optimal,” ujar Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, MSi.

    Hal serupa juga disampaikan dr Sri Haryati, MKK yang sekaligus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas dan bermobilitas sehari-hari, “Tidak hanya melakukan tes, masyarakat juga perlu menjaga kesehatan selama pandemi dengan mematuhi anjuran 3M serta menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti mengonsumsi makanan bergizi, rajin olahraga, pola tidur teratur, serta mengelola stres,” paparnya.

    Percepatan pelayanan

    Peresmian laboratorium tersebut ditandai dengan pemukulan ‘tifa’ (tambur) oleh Bupati Jayapura. Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo, SH, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten, Jayapura, Khairul Lie SKM, MKes dan dr Steven selaku Perwakilan Siloam Hospitals Group.

    Sementara itu, berdasarkan data, hingga 25 Januari 2021, menurut dr Petronella, tercatat 973 kasus terkonfirmasi di Kabupaten Jayapura, dengan 136 orang dalam perawatan, 800 orang sembuh/selesai isolasi, dan 37 orang meninggal dunia.

    Tersedianya laboratorium ini tentunya akan membantu dalam pemenuhan target pemeriksaan sampel Covid-19 serta mempercepat dan memperbanyak cakupan pemeriksaan sampel.

    Dengan begitu, penegakan diagnosis sekaligus percepatan pelayanan dapat terlaksana.

    “Laboratorium RT-PCR Covid-19 RSUD Yowari akan didukung oleh enam tenaga kesehatan ahli RSUD ‘Yowari’. Setiap harinya, laboratorium mampu melakukan uji 25 sampel. Kondisi ini tentunya memungkinkan pelayanan tes Covid-19 dilakukan setiap hari dan masyarakat akan mendapatkan tes Covid-19 secara lebih mudah, cepat, dan terjangkau yang berdampak pada kualitas penanggulangan pandemi yang lebih baik,” ujar Dr dr Petronella Risamasu, M.Ked Trop, seperti dirilis Tim Media Siloam Hospitals Group. (S-r/JR/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini