27.6 C
Jakarta
Friday, October 18, 2024

    Makan stroberi tiap hari, ini lima manfaatnya untuk kesehatan

    Terkait

    PRIPRITAS, 23/7/24 (Jakarta): Di Indonesia, buah beri sangat mudah ditemukan, termasuk stroberi. Buah ini biasanya berwarna merah cerah dan memiliki rasa kombinasi manis dan asam.

    Diketahui, selain dikonsumsi secara langsung, stroberi juga bisa diolah menjadi berbagai produk pangan seperti selai, sirup, puding, dan kue. Selain itu stroberi kaya vitamin C dan serat sehingga sangat baik untuk kesehatan.

    Lantas, apa saja manfaat makan stroberi setiap hari? Berikut ini penjelasannya.

    1. Meningkatkan kesehatan otak

    Pertama, manfaat makan stroberi setiap hari bagi kesehatan ialah meningkatkan kesehatan otak. Kandungan polifenol pada stroberi (yang berperan sebagai antioksidan) diketahui dapat membantu menjaga kesehatan otak seiring bertambahnya usia kesehatan otak dan mendukung ketajaman mental.

    Stroberi dikatakan memiliki efek neuroprotektif. Konsumsi stroberi setiap hari atau dalam jangka panjang dikaitkan dengan penurunan kognitif yang lebih lambat seiring bertambahnya usia.

    2. Mengendalikan gula darah

    Mengonsumsi stroberi setiap hari diketahui dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Penelitian menunjukkan, stroberi dapat membantu mengurangi respons insulin dan meningkatkan resistensi insulin.

    Kandungan serat yang tinggi pada stroberi juga membantu memperlambat penyerapan gula, menjadikannya pilihan tepat untuk mengontrol kadar gula darah. Selain itu, indeks glikemik yang rendah pada stroberi menjadikannya tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

    3. Mengurangi risiko penyakit jantung

    Berkat tingginya kadar senyawa yang menyehatkan jantung seperti antosianin yang ditemukan dalam stroberi, penelitian menunjukkan, stroberi dapat membantu melindungi sistem kardiovaskular dengan meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol sehat. Pada gilirannya, manfaat ini dapat mengurangi faktor risiko kardiometabolik yang sering berkontribusi terhadap penyakit kronis seperti penyakit jantung.

    4. Mengurangi peradangan

    Stroberi kaya akan antioksidan dan vitamin C. Keduanya merupakan agen antiinflamasi alami yang membantu mengurangi peradangan kronis dan masalah kesehatan terkait.

    Berdasarkan penelitian pada 2021 yang diterbitkan di Antioxidants, antioksidan yang ditemukan dalam stroberi dapat membantu mencegah dan mengendalikan kondisi yang berhubungan dengan peradangan seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes.

    Antioksidan yang ditemukan dalam stroberi dikaitkan dengan peningkatan peradangan. Penelitian menunjukkan, mengonsumsi stroberi setiap hari dapat meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh secara keseluruhan.

    5. Memperbaiki kesehatan pencernaan

    Stroberi mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu mendukung kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan menutrisi bakteri menguntungkan di usus.

    Serat merupakan bagian penting dari kesehatan pencernaan, kesehatan metabolisme secara keseluruhan, kesehatan jantung, dan banyak lagi. Dengan demikian, mengonsumsi makanan kaya serat seperti stroberi setiap hari, bahkan dapat menurunkan risiko penyakit kanker tertentu. (P-MEI/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini