27.1 C
Jakarta
Wednesday, October 23, 2024

    Liverpool pimpim klasemen Liga Inggris,  ditempel City dan Arsenal

    Terkait

    PRIORITAS, 21/10/24 (Liverpool): Persaingan papan atas Liga Inggris terus menajam. Liverpool yang berhasil menyingkirkan Chelsea 2-1, langsung memimpin di posisi teratas Liga Inggris yang merupakan kompetisi paling kompetitif di dunia.

    Kemenangan atas Chelsea Minggu (20/10/24) malam, membuat Liverpool bertengger di puncak dengan koleksi 20 poin atau unggul satu poin atas Man City. Posisi ketiga diisi Arsenal dengan 17 poin.

    Sementara Chelsea yang kalah  berada di posisi keenam dengan 14 poin. 

    Kemenangan ketujuh dalam delapan pertandingan ini membawa Liverpool kembali menempati puncak klasemen setelah beberapa jam sebelumnya diisi Manchester City yang menang 2-1 atas Wolverhampton Wanderers.

    Sementara Aston Villa bertengger di posisi keempat dengan koleksi 17 poin. Urutan kelima ditempati Brighton and Hove Albion dengan raihan 15 poin.  

    Liverpool unggul duluan

    Bertanding di Anfield Stadion tuan rumah Liverpool unggul lebih dahulu berkat gol dilesakkan penyerang Mohamed Salah dari titik penalti. Chelsea sempat menyamakan kedudukan berkat gol Nicolas Jackson pada awal babak kedua. Namun, Liverpool kembali unggul setelah Curtis Jones menjebol gawang tim tamu.

    Liverpool sebenarnya kalah dalam penguasaan bola pada pertandingan ini dengan mencatat 42% sementara Chelsea menorehkan 58%.
    Meski demikian Liverpool berhasil melepaskan tendangan lima tendangan tepat ke gawang sementara Chelsea hanya dua. Liverpool juga kalah dalam ketepatan umpan yang mencapai 79%, sedangkan Chelsea 88%.

    Kiper Chelsea Robert Sanchez sempat membuat tiga penyelamatan dalam laga ini, sedangkan penjaga gawang Liverpool Caoimhin Kelleher hanya membuat satu penyelamatan.

    Liverpool menurunkan trio Mohamed Salah, Diogo Jota, dan Cody Gakpo di barisan depan. Tiga pemain ini ditopang lini tengah yang terdiri dari Curtis Jones, Ryan Gravenberch, dan Dominik Szoboszlai. Sementara lini belakang dipercayakan kepada Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, dan Andy Robertson. Mereka mengawal kiper Caoimhin Kelleher.

    Sementara di kubu Chelsea, pelatih Enzo Maresca mengusung formasi 4-2-3-1. Dia menurunkan Nicolas Jackson sebagai penyerang tunggal. Pemain asal Senegal ini disokong trio Noni Madueke, Cole Palmer, dan Jadon Sancho. Moises Caicedo dan Romeo Lavia berduet di barisan tengah. 

    Lini belakang diisi Reece James, Tosin Adarabioyo, Levi Colwill, dan Maulo Gusto. Posisi kiper dipercayakan kepada kiper asal Spanyol Robert Sanchez.

    Chelsea sebenarnya unggul sedikit dalam penguasaan bola. Namun, gawang mereka harus jebol pada menit ke-29 karena tendangan penalti Mohamed Salah. 

    Wasit John Brooks memberikan penalti untuk Liverpool setelah bek Chelsea Levi Colwill melanggar Curtis Jones. Wasit sempat melihat VAR untuk memastikan penalti ini.

    Salah kemudian maju sebagai  eksekutor. Tendangan kaki kiri pemain asal Mesir ini membuat kiper Robert Sanchez menebak ke arah yang salah sehingga bola bersarang di gawang Chelsea. Liverpool sempat mengganti Diogo Jota yang cedera dengan Darwin Nunez pada menit ke-30. Skor 1-0 untuk tim asuhan Arne Slot bertahan hingga babak pertama usai. 

    Memasuki awal babak kedua, Chelsea memasukkan Pedro Neto untuk menggantikan Jadon Sancho. Saat babak kedua baru berjalan tiga menit, Chelsea berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat gol Nicolas Jackson.

    Penyerang asal Senegal ini menjebol gawang tuan rumah dengan kaki kanan setelah memaksimalkan umpan yang dikirim Moises Caicedo. Jackson bisa mencetak gol dari posisi yang mudah.

    Namun, Liverpool tak lantas menyerah. Pasukan Arne Slot ini terus berusaha menjebol gawang lawan. Gol yang membuat tuan rumah kembali unggul dicetak pada menit ke-51 atau hanya tiga menit setelah gol Chelsea.

    Gol ini dilesakkan Curtis Jones setelah memaksimalkan umpan Mohamed Salah. Menyusul serangan yang dilakukan timnya, Salah berhasil melepaskan umpan silang. Sodoran ini dimanfaatkan Curtis Jones dengan tendangan kaki kiri dan bersarang di gawang Chelsea. Skor pun berubah 2-1 untuk tuan rumah.

    Menit ke-53, Chelsea melakukan tiga pergantian pemain. Romeo Lavia, Tosin Adarabioyo, serta Reece James ditarik. Mereka digantikan masing-masing oleh Enzo Fernandes, Benoit Badiashile, dan Renato Veiga.

    Pada menit ke-66 giliran Liverpool yang melakukan pergantin pemain. Luis Diaz masuk ke lapangan menggantikan Cody Gakpo. Menit ke-76, Chelsea kembali mengganti pemainnya. Kali ini Noni Madueke meninggalkan lapangan dan digantikan Christopher Nkunku.

    Dilansir Beritasatu.com , menit ke-81, Liverpool memasukkan Alexis Mac Allister menggantikan Curtis Jones. Arne Slot juga Trent Alexander Arnold dan menggantikannya dengan Joe Gomez. Wasit menentukan waktu tambahan selama delapan menit, tetapi skor 2-1 untuk kemenangan Liverpool tidak berubah.(P-wr)— foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -

    Terkini