31.3 C
Jakarta
Sunday, September 8, 2024

    Jokowi shalat Idul Adha 2024 juga berkurban di Semarang

    Terkait

    PRIORITAS, 17/6/24 (Semarang): Tahun ini, Presiden Joko Widodo kali ini melaksanakan Shalat Idul Adha 2024 di Masjid Raya Baiturrahman, Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (17/6/24).

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Masjid Baiturrahman pada pukul 06.07 WIB. Dia didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi, dan sejumlah pejabat, termasuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

    Diberitakan ANTARA, dalam rangkaian ibadah itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari bertugas sebagai khatib shalat Idul Adha bersama Presiden RI di Simpang Lima tersebut

    Tenaga Ahli Utama Kantor Sraf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin mengungkapkan alasan Jokowi memilih Shalat Idul Adha 2024 di Semarang.

    Ali mengatakan, Jokowi Salat Id di Semarang karena ingin bersilaturahmi dengan para sahabatnya di Jateng.

    Selain itu, dia menambahkan, Jokowi pun merasa jarang berada di Jateng saat hari raya Islam selama dua periode kepemimpinannya.

    “Pertimbangan Presiden Shalat Id di Semarang karena kunjungan kerja, itu satu. Kedua, karena selama menjadi presiden dua periode, hari besar Islam hampir tidak pernah dihadiri oleh presiden di wilayah Jateng,” ujar Ali, Minggu (16/6/24), dikutip dari TribunJateng.com.

    “(Jokowi Shalat Id di Semarang) Di penghujung masa jabatannya ini, sebagai bentuk sapaan kepada teman, kawan, dan sahabat yang lebih banyak di Jateng, dan momentumnya juga bisa untuk lebih dekat dalam bersilaturahmi,” tambahnya.

    Kurban Jokowi di Semarang

    Selain Salat Idul Adha, Presiden juga menyerahkan sapi seberat 1,2 ton untuk dikurbankan di wilayah tersebut.

    Ketua Takmir Madjid Raya Baiturrahman, Multazam Ahmad menyampaikan, sapi kurban Jokowi sudah datang sejak beberapa hari lalu.

    “Sapi presiden sudah tiba. Kemarin saya dikabari,” kata Multazam, Minggu (16/6/24).

    Antusias masyarakat

    Ingin Shalat Idul Adha bersama presiden di Masjid Baiturrahman Semarang, sejumlah masyarakat mulai berdatangan sejak sebelum Subuh.

    Widya, salah satu warga yang antusias dengan kehadiran Jokowi, mengaku sudah datang ke Masjid Baiturrahman sejak hari masih gelap.

    “Tadi pas masih gelap, sebelum subuh,” ucap Widya, Senin (17/6/24).

    Widya yang berasal dari Bulu, Kota Semarang, datang ke Masjid Raya Baiturrahman bersama keluarganya.

    Dia mengaku, ini merupakan pertama kalinya Shalat Idul Adha bersama Jokowi.

    “Sempat takut, Alhamdulillah bisa masuk,” ungkapnya.

    Warga lain yang juga hadir di lokasi. M Anom, juga mengaku datang ke lokasi sejak pagi buta.

    Dia merupakan Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang berasal dari Jambi. “Saya ke sini dengan mahasiswa lain,” demikian M Anom. (P-ANT/TRI/KPS/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini