28.2 C
Jakarta
Wednesday, May 22, 2024

    Jangan Sedih, 5 Sayuran yang Sebaiknya Dipantang Penderita Diabetes Merupakan Makanan Favorit

    Terkait

    PRIORITAS, 9/4/24 (Jakarta): Tak dapat dipungkiri, sayuran mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun sayangnya, tidak semua sayuran bisa dikonsumsi penderita diabetes. Dan jangan sedih, lima jenis sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi penderita diabetes merupakan makanan-makanan favorit.

    Dikutip dari Kompas.com berdasarkan laman Live Science, disebutkan, sebuah tinjauan dalam Jurnal Nutrition menemukan bahwa diet rendah karbohidrat amat cocok bagi penderita diabetes. Sebab diet rendah karbohidrat membantu mengurangi kadar gula darah dan terbukti mengurangi kebutuhan terhadap obat-obatan. Sebaliknya, makanan dengan kandungan karbohidrat termasuk sayuran, berpotensi membuat penyakit diabetes semakin memburuk.

    Inilah 5 jenis sayuran yang terpaksa harus dipantang penderita diabetes.

    1. Kentang dan Ubi
    Kentang dan ubi adalah sayuran dengan kandungan karbohidrat paling tinggi daripada sayuran lainnya. Meski tak benar-benar dilarang, penderita diabetes sebaiknya membatasi asupan kentang maupun ubi untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.
    Sebagai alternatif, pengidap diabetes bisa menjauhi kentang dan ubi olahan, seperti kentang goreng dan keripik. Sebab, konsumsi kentang dan ubi olahan berpotensi memunculkan rasa candu dan keengganan untuk berhenti mengunyah. Belum lagi kandungan lemak dalam makanan olahan tersebut, turut meningkatkan risiko diabetes.

    Kentang dan Ubi juga sebaiknya dihindari. (Foto: Istimewa)

    2. Jagung
    Jagung, baik dalam bentuk rebus maupun olahan lain, merupakan makanan pendamping yang sangat enak. Namun begitu, setengah cangkir biji jagung mengandung 21 gram karbohidrat dan hanya 2 gram serat. Kandungan karbohidrat yang tinggi ini perlu diwaspadai penderita diabetes.
    Selain itu, kurangnya serat juga tak baik bagi orang dengan diabetes. Sebab, serat membantu memperlambat proses pemecahan karbohidrat menjadi glukosa. Imbasnya, pelepasan glukosa dalam darah menjadi lebih lambat, sehingga gula darah tak langsung meningkat. Apabila masih ingin mengonsumsi jagung, pastikan untuk memakannya dalam porsi kecil. Selain itu, lengkapi pula dengan konsumsi protein serta makanan berserat tinggi.

    3. Kacang Polong
    Sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi pengidap diabetes berikutnya adalah kacang polong. Hal ini lantaran satu cangkir kacang polong mengandung karbohidrat cukup tinggi, yakni 20 gram.
    Kendati begitu, penderita diabetes masih bisa mengonsumsi kacang polong dalam porsi kecil, misalnya setengah cangkir.

    Kacang Polong. (Foto: Istimewa)

    4. Labu
    Sayuran lain yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes adalah labu, terutama labu madu. Labu madu mengandung 16 gram karbohidrat per cangkir dan kurang dari 3 gram serat. Kandungan ini tentu kurang baik untuk dikonsumsi orang dengan diabetes.
    Namun, apabila masih ingin memakan labu, pastikan dalam porsi kecil dan imbangi dengan sayuran hijau.

    Labu Madu. (Foto: Istimewa)

    5. Jus Sayuran
    Beberapa orang beranggapan bahwa konsumsi jus sayur sama baiknya dengan memakan sayur secara langsung. Padahal, anggapan tersebut amat keliru. Sayur dalam bentuk jus mengandung lebih sedikit serat daripada sayuran asli.
    Hal ini membuat tubuh tak mendapat komponen amat penting untuk mencegah kenaikan gula darah. Belum lagi tambahan gula pada jus sayur yang turut meningkatkan risiko diabetes.

    Jus sayuran. (Foto: Istimewa)

    Jadi, ternyata masih ada kabar baiknya sedikit. Penderita diabetes ternyata masih boleh mengkonsumsi 5 jenis sayuran tadi, namun harus dalam jumlah terbatas, kecuali sayuran dalam bentuk jus yang wajib dihindari. (P-Kompas.com/ht)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini