32.1 C
Jakarta
Friday, October 18, 2024

    Tenang !!! Menkes pastikan Lansia divaksin Covid-19 Maret-April, umum akhir April

    Terkait

    Jakarta, 13/1/21 (SOLUSSInews.com) – Dalam rapat dengan Komisi IX DPR secara daring, Selasa (12/1/21), Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin memaparkan tahapan vaksinasi COVID-19. Vaksinasi pertama mulai dilaksanakan Rabu, 13 Januari ini, dimana Presiden Joko Widodo menjadi orang Indonesia pertama menerima vaksin Covid-19.

    Kelompok selanjutnya iaah tenaga kesehatan yang berada di rentang usia 18-59 tahun. Vaksinasi periode pertama menggunakan vaksin Covid-19 Sinovac yang sudah mendapat izin penggunaan darurat atau emergency use authorization.

    “Tahapan pertama diberikan 1,48 juta Nakes di Indonesia, diharapkan bisa mulai besok (hari ini, Red) atau minggu ini. Kemudian rolling mudah-mudahan akhir Februari bisa selesai,” kata Menkes.

    Kelompok selanjutnya ialah petugas publik, termasuk di dalamnya TNI/Polri, petugas pelabuhan, stasiun, Bandara, terminal dan pekerja lain yang sehari-hari bersinggungan dengan masyarakat.

    “Agak berbeda dengan negara lain karena ada yang sebagian besar menaruh Lansia dulu karena Lansia ini adalah orang-orang yang critical,” kata Menkes.

    Lansia gunakan vaksin lain

    Menkes menyebut, kelompok lansia akan disuntik vaksin lain yang sudah uji klinis pada mereka di atas 60 tahun. Lansia bakal disuntik sekitar Maret-April dengan vaksin Pfizer atau AstraZeneca, lalu dilanjutkan dengan masyarakat umum.

    “Kita akan mulai dengan petugas publik dan Lansia itu sekitar Maret-April. Kalau selesai diharapkan akhir April atau awal Mei kita bisa melakuan untuk seluruh masyarakat,” demikian Budi Gunadi Sadikin, seperti dilansir Detik.com. (S-DC/jr)

    Simak Video “Yang Tak Boleh Divaksinasi Corona Berdasarkan SK Dirjen P2P Kemenkes

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini