32.1 C
Jakarta
Friday, October 18, 2024

    Resmi, pemerintah batalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal

    Terkait

    PRIORITAS, 27/5/24 (Jakarta): Secara resmi pemerintah membatalkan kebijakan kenaikan besaran uang kuliah tunggal tahun ini.

    Disebutkan, keputusan tersebut diambil setelah pemerintah berdialog dengan para rektor universitas dan mendengar aspirasi dari berbagai pemangku kepentingan.

    Aksi protes mahasiswa memang merebak di berbagai kampus akibat tingginya Uang Kuliah Tunggal (UKT) di sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

    “Kemendikbudristek telah mengambil keputusan untuk membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tahun ini dan kami akan merevaluasi semua permintaan peningkatan UKT dari (perguruan tinggi negeri) PTN,” papar Nadiem setelah menemui Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (27/5/24).

    Evaluasi untuk penerapan tahun depan

    Untuk tahun ini, kata dia, tidak ada mahasiswa yang akan terdampak kebijakan kenaikan UKT. Sementara itu, pemerintah akan mengevaluasi satu per satu permintaan dari perguruan tinggi untuk peningkatan UKT tahun depan.

    “Jadi ini benar-benar suatu hal, aspirasi yang kami dengarkan (dari) masyarakat dan juga kami ingin memastikan bahwa kalau pun ada kenaikan UKT harus dengan asas keadilan dan kewajaran. Itu yang akan kita laksanakan,” tambahnya.

    Pada kesempatan yang sama, Mendikbudristek mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur masyarakat, terutama mahasiswa dan para rektor universitas, yang telah memberikan masukan dan pandangannya. Faktor ini yang membuat pemerintah membatalkan kenaikan UKT tahun ini.

    “Untuk detilnya seperti apa kebijakannya, akan dilakukan nanti. Dari Dirjen Dikti akan menjelaskan detailnya dalam waktu secepatnya,” ujarnya.

    Baru-baru ini ramai diberitakan sejumlah kampus memberikan lompatan biaya UKT yang besar. Kenaikan dari UKT golongan empat ke golongan lima dan seterusnya mencapai besaran rata-rata lima sampai 10 persen.

    Hal tersebut menjadi polemik hingga terjadi gelombang demonstrasi mahasiswa perguruan tinggi negeri di sejumlah daerah. (P-INV/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini