32.1 C
Jakarta
Friday, October 18, 2024

    Partai Buruh menang, Keir Starmer jadi PM Inggris, Rishi Sunak turun tahta

    Terkait

    PRIORITAS, 5/7/24 (London): Pemilu di Inggris barusan berakhir. Partai Buruh resmi mengalahkan Partai Konservatif yang berkuasa kali ini.

    Berdasarkan hasil ini, pemimpin Partai Buruh Keir Starmer akan menjadi PM Inggris menggantikan Rishi Sunak.

    Seperti diketahui, selama 14 tahun terakhir, Partai Buruh telah menjadi oposisi dari pemerintahan yang dikuasai Partai Konservatif.

    Periode “pembaruan nasional”

    Sementara itu, PM Inggris terpilih Keir Starmer pada Jumat (5/7/24) berjanji untuk memulai periode “pembaruan nasional” di Inggris setelah Partai Buruh mengalahkan Partai Konservatif yang berkuasa.

    “Hari ini kita memulai babak baru – memulai pekerjaan perubahan, misi pembaruan nasional, dan mulai membangun kembali negara kita,” kata Starmer dalam pidato kemenangannya di London setelah partainya meraih suara mayoritas di Parlemen Inggris.

    Diketahui, Partai Buruh melenggang ke tampuk kekuasaan setelah memenangi pemilihan umum Inggris, melewati ambang batas 326 kursi untuk menjadi mayoritas di House of Commons.

    “Mandat seperti ini datang dengan tanggung jawab yang besar,” kata Keir Starmer kepada para pendukungnya dalam sebuah rapat umum fajar di London, beberapa saat setelah hasil yang memastikan kemenangan besar diumumkan.

    Sunak akui kekalahan

    Sementara itu, Pemimpin Inggris Rishi Sunak pada Jumat mengakui kekalahannya terhadap partai oposisi utama Buruh Keir Starmer dalam Pemilu Inggris.

    “Saya bertanggung jawab atas kekalahan tersebut,” ujarnya.

    “Hari ini, kekuasaan akan berpindah tangan secara damai dan tertib dengan niat baik di semua pihak,” kata Rishi Sunak saat Partai Konservatifnya tampaknya menuju kekalahan bersejarah atas Partai Buruh. (P-KPS/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini