25 C
Jakarta
Thursday, September 19, 2024

    Menparekraf ajak pelaku usaha Palembang kembangkan Ekraf unggulan daerah

    Terkait

    PRIORITAS, 16/9/24 (Palembang): Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para pelaku ekraf yang ada di Palembang, Sumatra Selatan, untuk mengembangkan potensi ekraf unggulan yang ada di daerahnya semaksimal mungkin.

    Dalam “Kelana Nusantara” di Utopia Collaboration Space, Palembang, Minggu (15/9/2024), Menparekraf Sandiaga mengatakan Palembang memiliki potensi ekraf yang kuat, terutama di subsektor kuliner.

    Berdasarkan hasil Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PM3KI) pada 2018, kuliner terpilih sebagai subsektor ekraf andalan di Palembang. Hal ini bisa menjadi atraksi tersendiri untuk menarik kedatangan wisatawan ke Sumatra Selatan, khususnya ke Palembang.

    “Sekitar 66 persen orang yang berwisata itu setiap berkunjung ke destinasi wisata mereka selalu mencari kuliner khas lokal. Jadi Palembang ini bisa diajukan menjadi kota kreatif UNESCO agar bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang lebih luas lagi bagi masyarakat Kota Palembang,” kata Sandiaga.

    Sandiaga mengungkapkan, untuk meningkatkan potensi ekraf yang ada di Palembang ini perlu kolaborasi yang kuat antara Pemerintah, pelaku ekraf, dan masyarakat dalam meningkatkan atraksi, amenitas, dan aksesibilitas yang ada. “Pemerintah tidak bisa bergerak sendiri, oleh karena itu kita harus bersinergi,” katanya.

    Menurut Sandiaga, ekosistem parekraf yang kuat menjadi kunci utama untuk mengembangkan dan memasarkan potensi-potensu yang ada di Palembang. “Jadi untuk pemasaran ini kita bisa berkolaborasi, maka ekosistem (parekraf) harus dibangun,” ujar Sandiaga.

    Dalam kegiatan ini, Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Direktur Pengembangan Destinasi Regional I Kemenparekraf/Baparekraf, Sri Utari Widyastuti; dan Direktur Poltekpar Palembang, Iwan Riady.

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini