26.3 C
Jakarta
Saturday, September 7, 2024

    Kepuasan terhadap Pemerintahan Jokowi 75,6 persen, Litbang Kompas: Angka tertinggi selama periode kedua

    Terkait

    PRIORITAS, 20/6/24 (Jakarta): Presiden Joko Widodo tetap menjadi tokoh pemimpin terbaik dalam performa kepemimpinannya di Indonesia.

    Hal itu kinim erbukti lagi dari hasil survei lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kompas.

    Ya, Litbang Kompas telah merilis hasil survei kepemimpinan nasional, dimana sampelnya diambil pada periode 27 Mei-2 Juni 2024 yang menempatkan kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin di posisi tertinggi dalam lima tahun terakhir kepemimpinan mereka.

    Sebagaimana dikemukakan Manajer Litbang Kompas, Totok Suryaningtyas, angka tersebut naik dari periode sebelumnya pada Desember 2023 yang mencapai 73,5 persen menjadi 75,6 persen.

    “Pada survei periodik Kompas kali ini, Juni 2024, tingkat kepuasan umum atas kinerja pemerintahan Jokowi-Amin mencapai 75,6 persen, tertinggi sejak survei periode pemerintahan kedua Jokowi yang dilakukan pada Oktober 2019,” ujar Totok dalam laporan Kompas.id, Kamis (20/6/24).

    Ketidakpuasan semakin menurun

    Selanjutnya Totok menyampaikan, apresiasi positif juga terlihat dari ketidakpuasan yang semakin menurun secara konsisten sejak Oktober 2022.

    Kemudian ia menyebutkan, ketidakpuasan terhadap Jokowi-Amin juga menjadi yang terendah, yaitu 24,4 persen saja.

    “Tingkat ketidakpuasan itu bahkan tercatat paling rendah sejak survei periode kedua pemerintahan (Jokowi) dilakukan pada Oktober 2019,” ujar dia.

    Totok menilai, angka positif yang didapatkan Jokowi berasal dari kinerja bidang politik, ekonomi, dan kesejahteraan sosial.

    Banyak responden menyebut kinerja Jokowi di tiga bidang tersebut baik. Hanya bidang hukum yang dinilai buruk.

    Stabilitas politik tinggi nilainya

    Selain itu, stabilitas politik yang dalam survei kali ini diapresiasi oleh 85,5 persen responden. “Dan bidang kesejahteraan sosial diapresiasi 82,0 persen responden, juga merupakan capaian tertinggi sejak 2019,” ujar Totok.

    Sementara itu, penilaian di bidang hukum, Jokowi dinilai tak mampu memberantas suap dan jual beli kasus hukum, termasuk korupsi, kolusi, dan nepotisme.

    “Secara umum, hanya 57,4 persen responden yang menyatakan puas atas kinerja pemerintah di bidang hukum, dengan angka tersebut, bidang hukum merupakan yang terendah dari empat bidang dalam rangkaian survei ini,” kata Totok Suryaningtyas. (P-KPS/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini