26.1 C
Jakarta
Saturday, September 21, 2024

    Kemdikbud dan Pinkan dukung GPPMP gelar Lomba Musik Kolintang Piala Presiden

    Terkait

    PRIORITAS, 20/9/24 (Jakarta): Berkenaan dengan Hari Nusantara yang dipusatkan di Kota Bitung, Sulawesi Utara, 13 Desember 2024 mendatang, bakal digelar Lomba Musik Kolintang Nasional Piala Presiden III.

    Terkait itu, sejumlah pihak telah memberi respons positif mendukung penuh gelaran tersebut, di antaranya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan), dua stakeholders utama pengembangan kolintang menuju pengakuan internasional melalui Unesco sebagai warisan budaya Indonesia tak benda.

    “Kami bersyukur, dukungan mulai berdatangan kepada kami selaku penyelenggara. Sebelumnya juga penyelenggaraan lomba musik kolintang ini telah disetujui oleh Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) selaku penyelenggara utama kegiatan nasional Hari Nusantara (Harnus) yang juga dikaitkan dengan event internasional, yakni forum Corral Triangle Inisiative (CTI),” kata Sekjen DPP Gerakan Penerus Perjuangan Merah Putih 14 Februari 1946 (GPPMP), Teddy Matheos, SE, MM, selaku Sekretaris Panitia Penyelenggara kepada Beritaprioritas.com, Jumat (20/9/24) usai pertemuan via zoom dengan pihak Kemdikbud terkait kegiatan ini.

    Dalam pertemuan dengan pihak Kemdikbud, telah dibahas sejumlah hal utama ihwal penyelenggaraan lomba, yang mendapat perhatian serius dua pejabat instansi tersebut, yakni Lilian Darra Bella dan Irnie dari Direktorat Kesenian Kemdikbud.

    Hal yang sama juga, menurut Teddy, terjadi dalam pertemuan DPP GPPMP dengan DPP Pinkan, Kamis (19/9/24) di ruang kerja Ketua Umum DPP Pinkan, Ibu Penny Iriana Marsetio, didampingi Sekjennya, Ibu Nany Suryo dan Wakil Ketua Pinkan, Ibu Neneng Faizal serta Tim Litbang/Kajian, Dolof Malalantang.

    “Bersama DPP Pinkan, telah dibicarakan tentang berbagai hal yang mendetil, termasuk masalah transportasi lokal serta akomodasi. Juga diusulkan untuk adanya ziarah ke para seniman kolintang yang ada di wilayah Sulawesi Utara,” kata Teddy yang didampingi Waketum DPP GPPMP, dr Roy GA Massie, MPH, PhD.

    Seperti diketahui, Ketua Panitia Nasional Lomba Musik Kolintang Nasional Piala Presiden III ini ialah Marsekal Muda (Marsda) TNI Donald Kasenda, ST, SIP, MM, seorang perwira tinggi TNI-AU yang ssejak 18 Desember 2023 menjabat Kepala Staf Komando Operasi Udara Nasional.

    Menjadi agenda resmi Harnus

    Sementara itu, Roy Massie yang juga Staf di Badan Riset dan Inovasi (BRIN) mengatakan, Lomba Musik Kolintang Nasional Piala Presiden III ini secara resmi telah menjadi salah satu agenda dari Harnus 2024 yang bakal digelar secara spektakuler di Bitung, dan sekitarnya di Provinsi Sulawesi Utara.

    Persiapan di level Kemenko Marves selaku penanggungjawab utama acara dan berbagai kementerian lainnya, juga didukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, sudah semakin intensif dilaksanakan. Malahan dengan Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri, MM telah dilakukan sejumlah pertemuan untuk mematangkan semua kegiatan tersebut.

    “Ini akan menjadi sebuah event berskala internasional, karena dikaitkan pula dengan forum dunia di sektor terumbu karang (CTI),” katanya lagi.

    Selanjutnya, mengenai teknis penyelenggaraan lomba, demikian Teddy Matheos, didampingi Wasekjen DPP GPPMP, dokter Milka Inkiriwang, MARS, PhD, dipercayakan sepenuhnya kepada sebuah tim yang dipimpin Ir Nouvry Rondonuwu.

    Adapun seleksi lomba hingga final akan digelar di Kota Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulut, sedangkan penyerahan hadiah utama dilaksanakan di Kota Bitung. (P-*/tm/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini