34.8 C
Jakarta
Saturday, September 21, 2024

    Eropa sangat ‘musuhi’ sawit asal Indonesia, ini penyebabnya

    Terkait

    PRIORITAS, 29/8/24 (Jakarta): Sampai saat ini, pihak Eropa tidak suka dengan produk sawit kita.

    Kenapa ?

    Nah, Ketua Bidang Kampanye Positif GAPKI, Edi Suhardi mengungkapkan alasan Uni Eropa memusuhi produk sawit asal Indonesia, bahkan tidak ragu ‘menjegalnya’ di WTO. Dia mengungkapkan, CPO atau minyak kelapa sawit merupakan produk murah dan kompetitif yang tidak bisa disaingi oleh Uni Eropa.

    “Mereka punya perkebunan sunflower dan rapeseed. Biaya produksi dan bahan baku hingga prosesnya jauh lebih mahal. Jadi kelapa sawit dilihat over kompetitif dan tidak bisa disaingi,” ujar Edi dalam Trade Corner Special Dialogue CNBC Indonesia, Kamis (29/8/24).

    Mengenakan hambatan-hambatan perdagangan

    Karena itu, untuk mencegah kelapa sawit, Uni Eropa pun mengenakan hambatan-hambatan perdagangan bagi Indonesia dan produsen lainnya. Beberapa hambatan tersebut seperti bea masuk anti dumping, tuduhan subsidi yang tidak adil dan hambatan lainnya.

    “Saya sangat menghargai dorongan dan tekanan dari Kemendag yang telah membawa kasus-kasus ini pada level yang luar biasa. Indonesia paling proaktif di sawit,” kata dia.

    Edi juga mengatakan, sebagai produsen sawit terbesar, gugatan di WTO ialah terkait kelapa sawit. Pada 2013 digugat Uni Eropa atas tuduhan anti dumping dan tentang new renewable yang dikecualikan.

    “Kita juga tengah menghadapi gugatan WTO tentang biodiesel, dari 2 gugatan fatty alkohol, 5 tahun berusaha menang. Kemudian tentang bea masuk anti dumping biodisel, tetapi dengan kemenangan ini UE 2019, ada lagi 2 kasus ttg energi terbarukan,” demikian Edi Suhardi. (P-CNBCi/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini