26.3 C
Jakarta
Saturday, September 7, 2024

    Elektabilitas RK di Jabar 36 persen, Demul cuma 12,2 persen

    Terkait

    PRIORITAS, 17/7/24 (Jakarta): Dalam survei Litbang Kompas terbaru, Ridwan Kamil alias RK meraih elektabilitas tertinggi jelang Pilgub Jawa Barat 2024.

    Disebutkan, bakal Cagub petahana itu meraup elektabilitas 36,6 persen yang membuatnya unggul dari sosok lain.

    Sementara pada urutan kedua, duduk eks Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi alias Demul dengan perolehan 12,2 persen.

    Selanjutnya di urutan ketiga ada Bima Arya dan Atalia Praratya yang sama-sama memperoleh elektabilitas 1,6 persen. Disusul Presiden PKS, Ahmad Syaikhu dengan 1,0 persen.

    Selanjutnya di bawah Syaikhu, ada nama Desy Ratnasari, Deddy Mizwar, dan Alfiansyah Komeng yang masing-masing meraup 0,8 persen.

    Sementara itu, sebanyak 41,0 persen responden memilih tidak tahu/tidak jawab dan 3,6 persen menjawab ‘lainnya’.

    Litbang Kompas juga mengukur potensi keterpilihan dan penolakan responden setiap sosok jika mereka dicalonkan sebagai Cagub Jabar.

    Tegas pilih RK

    Responden yang tegas menjawab akan memilih RK sebesar 48 persen, 41,8 persen mempertimbangkan akan memilih. Lalu, 6,2 persen menyatakan tak akan memilih, dan 4,0 persen tidak tahu/tidak jawab.

    Sementara Dedi Mulyadi yang berada di urutan kedua, sebanyak 26,4 persen responden menjawab pasti akan memilih, 58 persen mempertimbangkan akan memilih, tidak akan memilih sebesar 7 persen, dan 8,6 persen tidak tahu/tidak jawab.

    Adapun survei ini dilakukan pada 15-20 Juni 2024 yang melibatkan 500 responden melalui wawancara tatap muka dengan margin of error ±4,38 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (P-CNNi/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini